Senin 08 Apr 2024 10:23 WIB

BoA Berikan Sinyal Ingin Pensiun, Penggemar Patah Hati

Penyanyi BoA yang dijuluki Ratu K-Pop memberi sinyal akan pensiun dari dunia musik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Korea Selatan, BoA. Penyanyi yang dijuluki Ratu K-Pop itu memberi sinyal akan pensiun.
Foto: Dok. EPA/STR
Penyanyi Korea Selatan, BoA. Penyanyi yang dijuluki Ratu K-Pop itu memberi sinyal akan pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis solo perintis K-Pop, BoA, memiliki karier yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Penyanyi yang dijuluki Queen of K-Pop alias Ratu K-Pop itu terkenal konsisten di kancah musik Korea.

Dilansir Koreaboo, Senin (8/4/2024), BoA pernah mengungkapkan keinginannya untuk melanjutkan perjalanan musiknya selama bertahun-tahun ke depan. Namun, postingan BoA belum lama ini menunjukkan potensi perubahan dari aspirasi yang sudah lama dipegangnya, sehingga memicu banyak reaksi di berbagai komunitas daring.

Baca Juga

"Sekarang kontrak saya sudah berakhir, saya bisa pensiun, kan??" tulis BoA di cerita singkat melalui akun Instagram-nya, @boakwon.

Sebuah diskusi khusus di TheQoo, situs komunitas populer Korea, menarik lebih dari 66 ribu penayangan dan menerima lebih dari 700 komentar. Diskusi itu menekankan dampak pensiun BoA terhadap penggemar K-Pop.

Warganet Korea menanggapi unggahan BoA dengan perpaduan antara keprihatinan dan dukungan, mencerminkan tekanan dan harapan besar yang pemilik nama lengkap Kwon Bo-ah ini hadapi sepanjang kariernya. Banyak yang mengungkapkan kekaguman mereka atas dedikasi BoA yang tiada henti dan menyuarakan keyakinan mereka bahwa dia pantas mendapatkan istirahat yang layak.

Di sisi lain, banyak orang yang berspekulasi tentang alasan yang mendasari pengumuman tersebut, mengingat semangat BoA yang tidak tergoyahkan untuk tampil.

"Saya harap BoA tetap kuat! Saya mendukung semua yang dia ingin lakukan. Namun, saya harap dia membuat pilihan tanpa penyesalan dan hanya berharap dia bisa selalu bahagia."

"Sepertinya dia telah melalui banyak hal sejak dia masih muda. Saya harap dia membuat pilihan yang membuatnya nyaman."

"Apa yang telah terjadi?"

"Tidak apa-apa untuk istirahat, bukan? Sepertinya dia sudah bekerja selama 40 tahun."

"Saya ingat dia mengatakan dia ingin bernyanyi dalam waktu lama di konser. Sangat menjengkelkan karena orang-orang tidak berhenti mengganggunya…"

Saat diskusi terus berlanjut, terbukti bahwa BoA telah meninggalkan kesan abadi pada para penggemarnya dan genre K-Pop pada umumnya . Walapun perempuan berusia 37 tahun itu memutuskan untuk istirahat atau menyingkir dari industri musik K-Pop, karya peninggalannya sebagai artis solo perintis dinilai akan tetap tak terbantahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement