Sabtu 06 Apr 2024 18:50 WIB

Lima Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Bepergian dalam Waktu Lama

Memasang kamera pengawas akan memberikan rasa tenang saat meninggalkan rumah.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Kamera pengawas atau CCTV (ilustrasi).
Foto: Freepik
Kamera pengawas atau CCTV (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat seseorang akan bepergian dalam waktu lama, baik untuk liburan, urusan pekerjaan, atau mudik, artinya untuk waktu yang lama juga rumah akan ada dalam kondisi kosong. Kecuali, jika memang sudah menitipkan rumah pada orang yang dipercaya.

Jika tidak demikian, mungkin ada rasa waswas terkait keamanan rumah. Sebagai langkah antisipasi, lakukan beberapa langkah persiapan berikut untuk memastikan kediaman dalam kondisi aman, dikutip dari laman Fox News, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga

1. Siapkan kamera keamanan di luar rumah

Memasang kamera keamanan di sekitar pintu masuk dan keluar rumah akan memberikan rasa tenang, sehingga seseorang bisa terus mengecek keamanan properti selama bepergian, bahkan hanya dari ponsel. Saat ini, sudah banyak opsi kamera keamanan dengan beragam fitur yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

2. Siapkan termostat Wi-Fi

Jika tinggal di suatu tempat yang suhunya sangat bervariasi, termostat Wi-Fi akan diperlukan untuk membuat rumah tetap hangat atau sejuk beberapa jam sebelum seseorang kembali dari liburan. Alat ini juga dapat membantu bersiap menghadapi cuaca buruk yang mungkin terjadi di rumah saat bepergian, seperti gelombang panas atau cuaca beku.

3. Siapkan kamera keamanan di dalam rumah

Selain di area luar rumah, memasang kamera keamanan pada beberapa titik penting di bagian dalam rumah juga sangat diperlukan. Perangkat ini akan memberikan ketenangan pikiran, sebab seseorang bisa memeriksa jika ada hal yang tidak beres di rumahnya, apalagi jika bepergian dalam waktu lama.

4. Buat balasan otomatis untuk email 

Bagi yang sehari-hari memiliki pekerjaan yang harus berkutat dengan interaksi email, siapkan balasan otomatis email untuk merespons semua email yang diterima ketika bepergian. Ini akan membuat siapa pun yang mengirim email kepada Anda mengetahui bahwa Anda telah menerima pesan tersebut.

5. Siapkan pemesanan bahan makanan

Pulang ke rumah dalam keadaan lelah dan mendapati kulkas kosong dan tak ada bahan makanan untuk diolah bisa membuat kewalahan. Sebagai persiapan, pesan bahan makanan dari aplikasi pengiriman bahan makanan dan sesuaikan waktu pengantarannya tepat saat sudah pulang dari liburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement