Sabtu 06 Apr 2024 00:14 WIB

Mudik Bareng Anak dengan Kendaraan Umum, Ajari Ini Dulu Sebelum Berangkat

Anak perlu dikondisikan untuk bisa mengantisipasi insiden saat mudik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mudik bersiap naik bis di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Ajarkan anak untuk tahu apa yang harus dilakukan saat terpisah dari orang tua.
Foto:

Sementara itu, sosiolog Universitas Indonesia Dr Ida Ruwaida mengatakan, anak perlu diajarkan atau dididik cara bersikap dan berperilaku di ruang publik. Itu artinya, pengetahuan tentang keamanan, keselamatan, dan kesehatan (K3) di moda transportasi publik juga perlu diketahui si kecil.

 

"Di beberapa negara, ada keterampilan-keterampilan yang diwajibkan sudah dimiliki anak pada usia-usia tertentu, misalnya mampu berenang, sehingga saat naik kapal, tidak hanya mengandalkan jaket pengaman untuk antisipasi kecelakaan," ungkap Ida saat dihubungi Republika.co.id.

 

Isu K3 pada anak, menurut Ida, tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua. Pihak yang paling bertanggung jawab menghadirkan layanan yang ramah, aman, dan nyaman bagi anak ialah pengelola moda transportasi umum, baik bus, kereta, pesawat, dan lainnya.

"Negara juga bertanggung jawab dalam membuat regulasi tentang hal tersebut, juga melakukan pengawasan yang ketat," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement