Kamis 11 Apr 2024 22:00 WIB

5 Cara Ilmiah untuk Jaga Kesehatan Mata

Gangguan penglihatan tidak bisa dipulihkan kembali secara alami.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Hindari mengucek mata. Periksakan mata secara teratur dengan dokter spesialis mata.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Hindari mengucek mata. Periksakan mata secara teratur dengan dokter spesialis mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika daya penglihatannya menurun, ada saja orang yang mencari cara alternatif untuk memulihkan kesehatan matanya. Mereka berharap bisa lepas kacamata seumur hidup.

Adakah yang bisa dilakukan untuk memulihkan mata? Konsultan dokter spesialis mata senior, Kamineni Hospitals. LB Nagar, Hyderabad, dr Y Jayapal Reddy mengatakan beberapa perubahan gaya hidup mungkin berdampak positif pada kesehatan mata secara keseluruhan.

Baca Juga

"Tapi keyakinan bahwa Anda dapat sepenuhnya menghilangkan kebutuhan akan kacamata hanya melalui perubahan gaya hidup ini umumnya tidak akurat," kata Reddy.

Reddy mengatakan keyakinan adanya langkah alami untuk bisa melihat jelas lagi tanpa bantuan kacamata sering kali didasarkan pada anekdot dan informasi yang salah alih-alih bukti ilmiah. Masalah penglihatan seperti rabun jauh (miopia), rabun dekat (hiperopia), dan astigmatisme, terutama disebabkan bentuk lensa dan kornea mata.

Perubahan gaya hidup mungkin membantu memperlambat perkembangan myopia dalam beberapa kasus, terutama pada anak-anak. Dokter Reddy menyarankan langkah-langkah berikut untuk menjaga kesehatan mata:

1. Pemeriksaan mata secara teratur

Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mata yang baik adalah menjadwalkan pemeriksaan mata secara teratur dengan dokter spesialis mata. Pemeriksaan mata yang komprehensif dapat secara akurat menilai penglihatan Anda dan mengidentifikasi potensi masalah apa pun.

2. Lensa korektif

Jika Anda memerlukan lensa korektif untuk melihat dengan jelas, sangat penting untuk memakainya sesuai resep. "Tidak memakai lensa yang tepat dapat menyebabkan ketegangan mata dan semakin memperburuk penglihatan Anda," ujar Reddy.

3. Gaya hidup sehat

Meskipun gaya hidup sehat dapat berkontribusi pada kesejahteraan secara keseluruhan, penting untuk diperhatikan bahwa perubahan tertentu mungkin tidak secara langsung memengaruhi kebutuhan terhadap kacamata.

"Meskipun demikian, menjaga pola makan seimbang yang kaya antioksidan, tetap terhidrasi, dan berolahraga secara teratur dapat mendukung kesehatan mata," kata Reddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement