Jumat 29 Mar 2024 22:36 WIB

Mau Bikin Hampers Lebaran Sendiri? Bisa! Begini Caranya

Kreator konten DIY membagikan cara membuat hampers sendiri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Hampers Ramadhan atau Lebaran (ilustrasi). Anda bisa membuat hampers sendiri dengan simpel namun tetap unik.
Foto: Dok. Freepik
Hampers Ramadhan atau Lebaran (ilustrasi). Anda bisa membuat hampers sendiri dengan simpel namun tetap unik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kreator konten DIY & Home Decor Tira Anisya berbagi ide atau rekomendasi desain simpel namun tetap unik untuk membuat hampers Ramadhan atau Lebaran sendiri. Dia menggunakan loyang kue berbentuk lingkaran untuk wadahnya. 

“Sebenarnya aku pernah bikin hampers unik yang wadahnya pakai loyang, iya loyang yang buat bikin kue lho yang bentuknya lingkaran,” ujar Tira saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (29/3/2024)

Baca Juga

Loyang ini diwarnai menggunakan cat semprot. Bagian depannya ditutup setengah lingkaran. Bahan penutupnya ini, kata Tira, bisa memakai kardus bekas atau papan yang diwarnai sama dengan warna loyangnya. 

Nah isi hampersnya bisa apa aja, bisa makanan atau alat sholat. Kemudian bagian atas loyang dilubangi untuk dimasukkan tali sebagai pegangannya,” ujar Tira.

Video pembuatannya bisa dilihat di akun Tiktoknya, @tiranissya. Tira juga memberikan tips, kita bisa memanfaatkan barang-barang di sekitar untuk membuat wadah hampers. Misalnya, bisa menggunakan kardus sepatu yang dibungkus kertas kado atau kertas krep. 

“Untuk isi hampers bisa disesuaikan dengan bujet saja, selain makanan bisa juga pengharum ruangan seperti yang sedang tren saat ini atau bisa juga Alquran mini dan alat sholat travel yang kalau dipajang tidak terlalu besar. Menurutku ketika kita mengirimkan hampers dari hasil karya tangan kita, sesimple apa pun itu, bentuk ketulusannya akan lebih berasa sih?,” kata dia. 

Tira mengungkapkan, tren hampers Lebaran sebenarnya lebih beragam. Dia berpendapat kalau sebelumnya parsel atau hampers mungkin hanya berupa makanan dan pakaian saja. 

“Sekarang lebih variatif seperti pengharum ruangan (reed diffuser), dekorasi atau pajangan aja bisa juga lho dijadikan hampers,” ujar Tira. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement