Selasa 26 Mar 2024 09:27 WIB

Siapa Rumy Al-Qahtani? Miss Arab Saudi Pertama yang Menggebrak Budaya Arab

Rumy Al-Qahtani dianggap sebagai duta budaya negaranya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Perwakilan Arab Saudi dalam kontes kecantikan Miss & Mrs Global Asian 2024, Rumy Al-Qahtani mencuri perhatian dunia maya pada Ahad (24/3/2024).
Foto: Platform X Life in Saudi
Perwakilan Arab Saudi dalam kontes kecantikan Miss & Mrs Global Asian 2024, Rumy Al-Qahtani mencuri perhatian dunia maya pada Ahad (24/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Arab Saudi dalam kontes kecantikan Miss & Mrs Global Asian 2024, Rumy Al-Qahtani mencuri perhatian dunia maya pada Ahad (24/3/2024), setelah foto-fotonya viral di dunia maya. Warganet terpesona melihatnya berdiri di depan bendera Saudi yang menampilkan Kalma Tayyab, sementara berbagai komentar memuji bagaimana perannya mempromosikan pesan perdamaian dan reformasi di negara asalnya.

Foto-foto ini menggambarkan bagaimana Arab Saudi berjuang melawan ekstremisme agama dan mengalami transformasi budaya yang signifikan. Rumy Al-Qahtani adalah kontestan pertama dari Arab Saudi yang berpartisipasi dalam kompetisi kecantikan Miss & Mrs Global Asian, yang baru-baru ini digelar di Malaysia.

Baca Juga

Meskipun gelar Mrs Global Asian 2024 akhirnya dimenangkan oleh Dyan Shane Mag Abo dari Filipina dan gelar Miss Global Asian 2024 diraih oleh Jesseca Long dari Singapura, perjalanan Rumy Al-Qahtani ke panggung internasional telah menjadi sorotan utama. Dengan usia 27 tahun, Rumy Al-Qahtani dianggap sebagai duta budaya negaranya, dengan tujuan utamanya dalam kompetisi global adalah meningkatkan kesadaran tentang Arab Saudi dan warisannya.

"Saya ingin memperkenalkan budaya dan warisan Saudi kami kepada dunia. Saya mengenakan kostum tradisional dari wilayah Najd, dan saya sangat bangga bisa mewakili bagian dari Arab Saudi yang kaya akan budaya dan sejarahnya," kata Al-Qahtani, dilansir Truescoop News//, Selasa (26/3/2024).

Respons terhadap foto viral Rumy Al-Qahtani telah memunculkan beragam komentar dari pengguna media sosial. Salah satu pengguna menyebutnya sebagai langkah maju yang besar.

"Mungkin terlihat seperti hasil dari AI, tapi ini adalah langkah maju yang besar dalam masyarakat Arab Saudi!" tulis akun @UmaGob***.

Warganet yang lain menunjukkan apresiasi atas keberanian dan kecantikan Rumy Al-Qahtani dalam mewakili "masyarakat reformasi" Arab Saudi. "Dia sangat cantik, dan lebih dari itu, dia menjadi simbol perubahan bagi masyarakat Arab Saudi yang sedang bertransformasi. Kebebasan adalah hak yang berharga, terutama bagi mereka yang berjuang melawan radikalisme. Saya senang melihat masa depan yang cerah bagi Arab Saudi,” tulis akun @YHWH68025150***.

Dengan kehadiran Rumy Al-Qahtani di panggung global, semakin banyak mata tertuju pada perubahan dan reformasi yang sedang terjadi di Arab Saudi, sehingga membuka jalan bagi diskusi yang lebih luas tentang peran wanita dalam proses tersebut. 

Umi Nur Fadhilah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement