Jumat 22 Mar 2024 14:17 WIB

Australia Barat Luncurkan Panduan Wisata Muslim, Lengkap dengan Masjid dan Resto

Setidaknya ada lebih dari 40 masjid dan mushola ada dalam daftar panduan.

Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia.  Pengalaman wisata yang ditawarkan terdiri dari warisan alam dan budaya.
Foto: EPA
Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia. Pengalaman wisata yang ditawarkan terdiri dari warisan alam dan budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan wisata ke tempat-tempat yang ramah bagi Muslim, kini terasa makin penting. Potensi belanja wisatawan Muslim juga tercatat terus meningkat.

Di tahun ini, potensi belanja wisatawan Muslim dunia diperkirakan bisa mencapai angka 274 miliar dolar AS. Tak heran bila makin banyak negara serius mencoba menarik minat wisatawan Muslim.

Baca Juga

Salah satunya adalah Australia Barat. Pekan lalu, Tourism Western Australia (Tourism WA) meluncurkan Panduan Wisata Muslim.

Isinya, daftar masjid hingga restoran atau tempat makan yang halal atau ramah Muslim. Juga panduan aneka tempat wisata di sana.

Febrian, content creator dan influencer, mengatakan ketika diajak berkunjung ke Perth, ibu kota Australia Barat, Oktober lalu ia melihat sendiri mushola yang cukup banyak di mana-mana. "Makanan itu masih bisa ketemu yang no pork no lard," katanya, Rabu (20/3/2024).

Febrian mengatakan, Australia Barat memiliki waktu yang mirip Indonesia bagian Timur. Artinya, berangkat ke sana tidak akan ditemukan kendala waktu yang berarti hingga menyebabkan jet lag.

"Di sana tuh, toiletnya bersih, gampang dicari. Makan seafood enak, segar banget," katanya.

Ia menilai, wisata di Perth lengkap. Mau belanja ada, mau wisata alam sederhana seperti taman King's Park pun pemandangannya sangat memukau. Wisatawan yang senang alam pasti akan menyukai liburan ke Australia Barat.

Market Manager Indonesia Tourism Western Australia, Vera Darmadi, mengatakan kemudahan menemukan mushola atau masjid di Australia Barat nyata adanya. "Di kebun binatang itu ada mushola, di wildlife park kita Caversham ada mushola," kata Vera.

Peluncuran panduan wisata bagi Muslim membantu karena isinya tak hanya tempat-tempat wisata yang dianjurkan saja. Tapi juga tempat ibadah umat Muslim dan tempat makan.

Australia Barat juga memiliki Katanning yang dikenal sebagai kampung Melayu. Katanning adalah kota di kawasan Wheatbelt yang dihuni masyarakat Melayu, Afganistan, Cina, dan penduduk asli Nyoongar.

Vera mengatakan, Australia Barat memang tidak menawarkan wisata hingar bingar kota besar. Australia Barat lebih banyak memiliki wisata alam untuk semua usia.

"Yang suka nature, suka santai saat liburan, Australia Barat tempatnya," ujar Vera.

Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia. Pengalaman wisata yang ditawarkan terdiri dari warisan alam dan budaya.

Dari destinasi yang terdaftar di UNESCO World Heritage seperti terumbu karang tepi di Ningaloo, hingga memperluas wawasan dengan mengenal salah satu kultur tertua di dunia.

Panduan Wisata Muslim yang baru diluncurkan berfungsi sebagai pedoman informasi lengkap dan terbaru tentang atraksi alam dan budaya, road trips, day trips.

Daftar mushola dan masjid dalam panduan terletak di kota-kota utama seperti Perth, Fremantle, dan Broome. Informasi lengkapnya bisa diakses di laman westernaustralia.com.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement