Jumat 22 Mar 2024 13:31 WIB

Tony Kushner Dukung Pidato Oscar Jonathan Glazer yang Dikecam Pekerja Kreatif Yahudi

Kushner bilang menjadi Yahudi tidaklah berarti harus membela segala tindakan Israel.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sutradara film The Zone of Interest, Jonathan Glazer, saat menghadiri Academy Awards 2024. Dalam pidato kemenangannya, dia menyuarakan soal konflik Israel-Palestina.
Foto:

Kushner juga menambahkan bahwa orang yang membenarkan tindakan yang terjadi di Gaza saat ini harus merenungkan ulang nilai-nilai kemanusiaan. Dia menegaskan bahwa menjadi Yahudi tidaklah berarti harus membela segala aksi yang dilakukan oleh Israel, terutama jika tindakan tersebut merugikan warga Palestina.

Kushner, yang telah lama menjadi kritikus kebijakan Israel, menyatakan bahwa meminta gencatan senjata bukanlah tindakan anti-Semitisme, seperti yang diklaim beberapa pihak. Baginya, perjuangan tersebut adalah tentang menyelamatkan nyawa yang terancam di tengah konflik yang berkepanjangan.

Kushner menyatakan harapannya agar warga Israel dapat hidup dalam kedamaian seraya menekankan bahwa perlakuan terhadap warga Palestina harus diperhatikan secara serius. Menurut dia, pendudukan Tepi Barat, pemenjaraan di Gaza, dan berbagai tindakan lainnya tidaklah membuat Israel menjadi lebih aman, malah sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement