Sabtu 16 Mar 2024 04:04 WIB

Resep Nasi dan Salad HokBen Banyak Beredar di Media Sosial, Sebagian Ternyata Keliru

Banyak orang mencoba membuat sendiri nasi dan salad ala Hokben.

HokBen tidak memakai beras impor untuk nasinya.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
HokBen tidak memakai beras impor untuk nasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hoka Hoka Bento atau HokBen dikenal sebagai restoran yang menyajikan makanan ala Jepang dengan rasa nasi dan salad yang khas. Penggemar kuliner pun banyak yang mencoba menciptakan cita rasa yang serupa lalu berbagi resep nasi dan salad ala HokBen karya mereka di berbagai platform media sosial.

Orang-orang mengira bahan seperti tepung maizena hingga cuka perlu ditambahkan untuk menghasilkan nasi dengan rasa serupa dengan nasi HokBen. Padahal, restoran mengaku tidak menambahkan bahan khusus untuk memasak nasi.

Baca Juga

"Orang selalu bertanya, apakah beras yang dipakai HokBen itu impor? Faktanya tidak, semua bahan kami adalah lokal, kecuali sebagian bumbu ada yang impor. Tapi, untuk nasi atau beras adalah beras asli dari tanah Indonesia," kata Direktur Pemasaran PT Eka Bogainti (HokBen) Sugiri Willim di Jakarta, Rabu.

Kendati tidak memakai beras Jepang, Sugiri mengungkapkan bahwa ada teknik khusus yang membuat nasi Hokben bisa pulen dan cukup lengket untuk bisa dimakan menggunakan sumpit. Ia menyebut rahasianya ada pada teknik mencuci beras dan memasak nasi.

"Ada teknik pengolahannya yang tidak bisa saya ungkap ya, tapi, prinsipnya begini, cara masak itu sangat memengaruhi hasil, air juga memengaruhi, berapa kali beras itu kita cuci juga mempengaruhi. Jadi, bukan hanya berasnya aja, cara mencucinya juga kami punya standarnya," ungkap Sugiri.

Selain nasinya yang pulen, salad HokBen juga populer. Tidak sedikit orang yang berusaha membuat sendiri salad dan saus salad khas restoran halal tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement