Jumat 15 Mar 2024 22:48 WIB

Olivia Munn Kena Kanker Luminal B, Mengapa Kedua Payudaranya Harus Diangkat?

Didiagnosis kanker payudara Luminal B, Olivia Munn serukan deteksi dini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Olivia Munn didiagnosis kanker payudara luminal B.
Foto:

Munn menyerukan para pengikutnya di media sosial untuk meminta dokter menilai kemungkinan mereka terkena kanker payudara. Ia menekankan pentingnya deteksi dini.

Dokter Aliabadi mengatakan, jika skor seseorang lebih tinggi dari 20 persen, maka dia perlu dilakukan mammogram tahunan mulai usia 30 tahun, Ia juga mengatakan bahwa dia menghitung risiko kanker payudara untuk pasien berusia 25 tahun.

"Saya ingin setiap perempuan menjadi pembela diri mereka sendiri di rumah," kata dr Aliabadi.

Sebagai bagian dari perawatannya, Munn mengatakan dia menjalani empat operasi dalam 10 bulan terakhir, termasuk mastektomi ganda, yakni pengangkatan kedua payudaranya. Munn mengaku bahwa dia belajar lebih banyak tentang kanker, pengobatan kanker, dan hormon, lebih dari yang dia bayangkan.

Munn menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga, teman, dan pasien kanker payudara yang berhubungan dengannya selama setahun terakhir atas dukungan mereka. Dia juga menulis tentang rasa terima kasihnya kepada rekannya, John Mulaney, atas malam yang dia habiskan untuk meneliti apa arti setiap operasi dan pengobatan serta apa efek samping dan pemulihan yang dapat dilakukannya.

Sejak menerima diagnosisnya, Munn sengaja menjaga privasinya. Ia ingin lebih dulu menata hati dan melewati beberapa bagian tersulit sebelum berbagi kisahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement