Jumat 15 Mar 2024 20:16 WIB

Jangan Makan Mi, Ibu Hamil Perlu Karbohidrat Kompleks Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Ibu hamil sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan sebelum memutuskan puasa.

Mie instan (ilustrasi). Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks alih-alih mi dengan telur yang tak membuat kenyang lebih lama.
Foto: www.maxpixel.com
Mie instan (ilustrasi). Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks alih-alih mi dengan telur yang tak membuat kenyang lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berpuasa saat hamil, ibu perlu memperbanyak asupan karbohidrat kompleks. Ini penting untuk menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

"Perbanyak makan karbohidrat kompleks, jangan makan telur, tepung seperti mi, sebaiknya makan karbohidrat kompleks seperti ubi dan beras merah," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Muhammad Fadlimelalui pesan singkat yang diterima Antara, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga

Dokter Fadli juga mengatakan saat hamil pada trimester dua dan tiga, ibu harus mempunya ekstra 500 kilo kalori dalam seharinya. Itu bisa didapat dari mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

Selain itu, penting juga memenuhi cairan sebanyak 2,5 liter air. Lalu, cukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi susu agar mencegah bayi dalam kandungan tumbuh kecil.

"Jangan lupa minum susu karena ada penelitian susu mencegah bayinya kecil, jadi bumil sebaiknya saat sahur dan buka minum susu untuk mencegah bayinya ada gangguan pertumbuhan," jelas lulusan Universitas Indonesia ini.

Sebelum memutuskan berpuasa, ibu hamil sebaiknya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan ukuran bayi dalam kandungan sesuai dengan usia kehamilannya. Selain itu pastikan air ketubannya cukup dan memastikan kesejahteraan bayi dengan melihat aliran darah dari tali pusat ke plasenta lancar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement