Rabu 13 Mar 2024 21:00 WIB

Makna di Balik Desain Pin Merah yang Dikenakan Selebritas Pro Palestina di Oscar

Sejumlah selebritas pro Palestina mengenakan pin merah di acara Piala Oscar 2024.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Mark Ruffalo memakai pin merah yang melambangkan dukungannya untuk gencatan senjata di Palestna. Selain Mark Ruffalo, sejumlah artis lain juga menyuarakan hal serupa yakni Billie Eilish dan Ramy Yousef.
Foto: DOK. EPA-EFE/ALLISON DINNER
Aktor Mark Ruffalo memakai pin merah yang melambangkan dukungannya untuk gencatan senjata di Palestna. Selain Mark Ruffalo, sejumlah artis lain juga menyuarakan hal serupa yakni Billie Eilish dan Ramy Yousef.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebritas seperti Mark Ruffalo, Ramy Youssef, Mahershala Ali, Billie Eilish, Finneas, dan Ava DuVernay terlihat mengenakan pin berbentuk lingkaran merah dengan tangan di dalamnya dan hati tanda cinta hitam di telapak tangan di acara Academy Awards ke-96 pada Ahad (10/3/2024). Pin itu memiliki banyak makna di balik desainnya.

Mengutip laman Artists4Ceasefire, akun media sosial X Ceasefire Tracker, @Ceasefire_Track, mengunggah infografis dengan judul "Apa yang dilambangkan oleh pin Artists for Ceasefire?" pada Rabu (13/3/2024). Tangan oranye di pin mewakili persatuan di antara orang-orang dari semua latar belakang yang memusatkan rasa kemanusiaan bersama.

Kemudian, hati di telapak tangan melambangkan ajakan untuk memimpin dengan cinta. Latar belakang merah di pin itu mewakili urgensi seruan untuk menyelamatkan nyawa.

Selain Ruffalo, Youssef, Ali, Eilish, Finneas, dan DuVernay, selebritas lain seperti Quannah Chasinghorse, Riz Ahmed, Swann Arlaud, dan Milo Machado Garner turut mengenakan pin tersebut. Pin merah itu mewakili kampanye Artists4Ceasefire yang menampilkan hampir 400 seniman yang menandatangani surat terbuka kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mendorong gencatan senjata di Palestina.

photo
Finneas O Connell (Kiri) dan Billie Eilish, pemenang Oscar untuk Lagu Asli Terbaik untuk What Was I Made For? dari film Barbie, mengangkat Oscar mereka di ruang pers pada upacara Academy Awards tahunan ke-96 di Teater Dolby di lingkungan Hollywood Los Angeles, California, AS, 10 Maret 2024. O Connell ddan Eilish menggunakan pin untuk mendukung Palestina. - (EPA)

Beberapa yang ikut serta dalam kampanye itu termasuk Bradley Cooper dan America Ferrera serta Pemenang Oscar sebelumnya Cate Blanchett dan Ben Affleck. Rapper Yahudi Drake dan Jennifer Lopez juga menandatangani surat tersebut.

"Pin tersebut melambangkan dukungan kolektif untuk gencatan senjata segera dan permanen, pembebasan semua sandera dan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza. Kasih sayang harus menang," kata Artists4Ceasefire dalam sebuah pernyataan.

Genosida yang dilakukan Israel belum menjadi sorotan pada upacara lain selama musim penghargaan 2024. Fakta itu tidak luput dari perhatian aktor Poor Things, Youssef.

"Ada bagian dari diri kalian yang berharap hal itu seharusnya tidak terjadi. Ada sebagian dari kita yang berharap kita sudah mencapai gencatan senjata, padahal kenyataannya belum," ujar dia di red carpet Oscar, dikutip dari Variety.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement