Senin 11 Mar 2024 15:04 WIB

Ryan Gosling Bawakan 'I’m Just Ken' Secara Live di Panggung Oscars 2024

Gosling menghadiri Oscar 2024 sebagai nominasi kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Ryan Gosling, kiri, membawakan lagu Im Just Ken dari film Barbie bersama Slash, kanan, bermain gitar saat penyerahan Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Dolby Theater di Los Angeles.
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Ryan Gosling, kiri, membawakan lagu Im Just Ken dari film Barbie bersama Slash, kanan, bermain gitar saat penyerahan Oscar pada Minggu, 10 Maret 2024, di Dolby Theater di Los Angeles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barbie hanya memenangkan satu penghargaan dari delapan nominasinya di Oscar 2024, membawa pulang Lagu Orisinal Terbaik untuk “What Was I Made For?” karya Billie Eilish bersama saudara laki-laki dan kolaboratornya Finneas. Namun yang mencuri perhatian panggung Oscar, adalah penampilan Ryan Gosling membawakan “I’m Just Ken”.

Membawakan lagu nominasinya “I'm Just Ken”, Ryan Gosling tampak memakai setelan merah muda bertabur berlian yang dikelilingi oleh para penari Kens, termasuk bintang-bintang dari film tersebut, serta cameo gitar dari Slash. Ia juga tampak bermandikan cahaya ungu, lalu mulai menyanyikan “I’m Just Ken” dan muncul dari bangku penonton.

Baca Juga

Ia duduk di belakang Margot Robbie, yang tidak bisa menahan tawa, begitu pula Billie Eilish yang duduk di belakangnya juga tak bisa menahan tawa. Kemudian Gosling naik ke panggung, di mana dia ditemani oleh Mark Ronson pada gitar dan beberapa penari cadangan. Slash juga tampil di panggung, yang menyumbang musik gitar untuk lagu tersebut.

Turut bergabung dengan Gosling di atas panggung adalah sesama aktor Ken Simu Liu, Scott Evans, Ncuti Gatwa dan Kingsley Ben-Adir. Pada satu titik, Gosling kembali ke barisan penonton dan mengangkat mikrofon ke arah kolaborator Barbie-nya, Greta Gerwig, Robbie, dan America Ferrera, yang semuanya bernyanyi bersamanya.

Dia juga mengajak bernyanyi rekan mainnya di La La Land Emma Stone. Dalam pekan menjelang Oscar, ada misteri apakah Gosling akan naik panggung untuk membawakan “I’m Just Ken” secara live atau tidak. Karena dia memilih untuk tidak menyanyikan lagu “City of Stars” dari La La Land di Oscar 2017, di mana lawan mainnya John Legend membawakan single tersebut.

Gosling tidak mengkonfirmasi keterlibatannya dalam tampil di Oscar sampai hanya beberapa pekan sebelum upacara Academy Award. Marc Malkin dari Variety mengajukan pertanyaan kepada produser soundtrack Barbie/ dan rekan penulis “I’m Just Ken” Mark Ronson di red carpet Grammy 2024, ketika Gosling masih belum berkomitmen untuk tampil di Oscar.

Ronson mengatakan, itu akan menjadi impiannya untuk membawakan lagu itu secara live dengan Gosling sebagai vokalisnya. Ketika ditanya apakah dia mungkin akan menggantikan penyanyi lain jika Gosling tidak ingin membawakan “I'm Just Ken” secara live selama Oscar, Ronson segera menutup ide tersebut.

“Tidak. Saya pikir jika Ryan tidak melakukannya maka kami tidak akan melakukannya,” kata sang produser. Sebelum “I'm Just Ken” menjadi nominasi resmi Oscar, Gosling sendiri bersikap malu-malu untuk bernyanyi live selama acara penghargaan.

“Yah, aku belum diundang. Dan saya tidak memikirkannya sampai sekarang, dan sekarang hanya itu yang akan saya pikirkan. Apakah Anda dibayar untuk menyanyi di Oscar? Apakah Anda harus menyetir sendiri? Goresan macam apa yang terlibat? Setidaknya mereka menjemputmu, kan?” kata Gosling kepada W Magazine bulan lalu. 

Gosling menghadiri Oscar 2024 sebagai nominasi kategori Aktor Pendukung Terbaik berkat perannya di Barbie. Secara keseluruhan, film komedi blockbuster Greta Gerwig ini mendapatkan delapan nominasi Academy Award, termasuk Film Terbaik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement