Sabtu 09 Mar 2024 17:29 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh saat tak Ada Asupan Makanan yang Masuk

Selama ada akses ke air, seseorang diyakini bisa bertahan hingga 2 bulan tanpa makan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Warga Palestina mengantre mendapatkan makanan. Ini yang terjadi saat seseorang tak makan selama berhari-hari.
Foto:

Setelah tujuh hari 

Ketika cadangan asam lemak habis, tubuh beralih ke protein. Tergantung pada seberapa sedikit jaringan lemak yang Anda miliki, mungkin diperlukan waktu hanya beberapa hari untuk mencapai titik ini. Namun, selama satu pekan, sebagian besar tubuh orang yang kelaparan akan secara aktif memecah otot untuk mendapatkan protein. 

Setelah 14 hari

Ketika kerusakan otot semakin cepat, tubuh mulai kehilangan fungsi jantung, ginjal, dan hati. Hal inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Karena tubuh yang kelaparan tidak memiliki sumber daya untuk tetap sehat, infeksi adalah kemungkinan penyebab kematian lainnya.

Sebelum kematian, komplikasi tertentu mungkin terjadi. Jumlah sistem tubuh yang terkena dampak meningkat seiring dengan meningkatnya penurunan-penurunan berat badan. 

Beberapa komplikasi tersebut antara lain keropos tulang, kelemahan dan pengecilan otot, merasa dingin, rambut menipis atau rontok, kulit kering, sembelit, hilangnya menstruasi pada wanita,  kemudian juga kelelahan, sesak napas, dan pucat akibat anemia, kekurangan sel-sel darah pembawa oksigen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement