Kamis 07 Mar 2024 19:17 WIB

Perempuan Ada yang Sering Buang Air Kecil, Tanda Ginjalnya Bermasalah?

Berkemih setiap tiga sampai empat jam sekali masih normal.

Toilet umum (Ilustrasi). Selain frekuensi buang air kecil, warna air seni juga dapat menunjukkan kondisi kesehatan ginjal seseorang.
Foto:

Dokter Rizky menjelaskan, perempuan yang volume air seninya lebih banyak dibandingkan volume cairan yang dikonsumsi sebelumnya belum tentu mengalami gangguan ginjal. Bisa jadi mereka memiliki kondisi kandung kemih overaktif. Tentunya, perlu pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya.

Ginjal adalah organ yang penting. Meski ukuran ginjal orang dewasa kurang lebih hanya sebesar kepalan tangan, tetapi kerjanya sangat berat. Ginjal harus menyaring kurang lebih 200 liter darah tiap harinya, membuang berbagai kelebihan limbah seperti garam, mineral, dan urea, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, hingga mengatur tekanan darah.

"Jadi jagalah kesehatan ginjal kita dengan konsumsi air yang cukup, air putih dengan kualitas dan kuantitas yang cukup, kemudian makan makanan yang sehat, dan kemudian aktivitas tubuh yang cukup. Jangan sampai dengan kita mengesampingkan aktivitas tubuh justru kita mendapatkan komplikasi yang bermacam-macam," kata dr Rizky yang praktik di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement