Kamis 07 Mar 2024 10:01 WIB

Cara Mudah Membersihkan Wajan Stainless Steel dari Noda Membandel

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menjaga wajan stainless tetap bagus.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Wajan Stainless steel.
Foto: Freepik
Wajan Stainless steel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan noda membandel atau bekas hangus di permukaan wajan stainless steel menjadi hal yang menyusahkan bagi sebagian orang. Padahal, dengan cara yang tepat, berbagai noda itu bisa diempaskan dengan cepat.

Dikutip dari laman Wirecutter, Kamis (7/3/2024), ada beberapa teknik berbeda yang dapat digunakan untuk menjaga peralatan masak itu tetap berkilau. Untuk pembersihan dasar, metode yang dipakai lain dengan noda yang lebih sukar dihilangkan.

Baca Juga

Membersihkan wajan stainless steel yang baru dipakai memasak, hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit untuk menyeka, menggosok, dan mengeringkannya. Langkah pertama, kikis terlebih dahulu sisa minyak dengan spatula, atau bersihkan dengan lap kertas.  

Kemudian, bilas wajan dengan sedikit air panas agar mudah dibersihkan sekaligus supaya tidak merusak permukaannya. Biarkan wajan mendingin secara alami sebelum merendamnya dengan air dingin. Jika tidak, perubahan suhu tiba-tiba dapat menyebabkan wajan yang masih panas melengkung.

Selanjutnya, pakai sikat piring bergagang panjang untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel. Pakai sabut gosok yang lembut atau spons dengan sedikit sabun cuci piring, lalu gosok bagian dalam dan luar wajan dengan gerakan memutar terus menerus.  

Spons atau sabut gosok tidak akan menggores permukaan wajan dan memengaruhi kinerja atau masa pakainya, asalkan tidak menggunakan alat pembersih yang keras seperti sabut baja. Langkah terakhir, bilas wajan lalu keringkan dengan serbet bersih.

Jika sabun cuci piring dan penggosok tidak berhasil menghilangkan noda atau bekas gosong, memakai soda kue bisa menjadi solusi untuk mengempaskan berbagai bekas noda di wajan. Jangan lupa gunakan sarung tangan saat mengaplikasikannya. 

Caranya, taburi soda kue ke wajan, diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan sabut gosok. Apabila noda tidak kunjung hilang, ulangi lagi dan diamkan pasta soda kue lebih lama, bahkan semalaman jika perlu, baru dicuci keesokan harinya.

Untuk noda yang lebih sulit tambahkan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement