Kamis 07 Mar 2024 12:30 WIB

Bayi Ukraina Lahir dengan Lidah Super Panjang, Menjulur Hingga Dagu

Lidah bayi Ukraina itu terjulur keluar sejak dia dilahirkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Lev, seorang bayi asal Ukraina, terlahir dengan lidah berukuran superbesar.
Foto:

Berkat hal ini, Lev bisa menjalani operasi pengecilan lidah yang dilakukan oleh tim dokter di Centre for Children's Medicine di Lviv, Ukraina. Tim dokter tersebut melakukan operasi pengecilan lidah bersama dengan kolega dokter dari Amerika Serikat saat usia Lev sudah di atas satu tahun.

"Kami memiliki pengalaman untuk membuang sebagian lidah, kami pernah melakukan operasi serupa sebelumnya, tetapi pada orang dewasa (oleh karena itu, kami membutuhkan bantuan dari dokter AS)," jelas Roman Ogonovsky dari Centre for the Treatment of Children with Cleft Lips and Palates.

Setelah menjalani operasi, Lev untuk pertama kalinya bisa memasukkan lidah ke dalam mulut. Kehidupan Lev juga mengalami banyak perubahan yang baik setelah menjalani operasi pengecilan lidah.

"Anak saya belajar minum, makan, dan berkomunikasi, selayaknya anak-anak lain," kata Olena.

Pihak rumah sakit menyatakan bahwa Lev mungkin akan membutuhkan terapi dan rehabilitasi lebih lanjut di kemudian hari. Kabar baiknya, Olena berprofesi sebagai terapis bicara, sehingga dia bisa membantu proses terapi bicara Lev.

"Ibunya adalah terapis bicara, jadi tim dokter kami merasa bersyukur untuk bayi itu karena mereka yakin bayi itu bisa belajar bicara dengan baik," jelas pihak rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement