Kamis 07 Mar 2024 12:01 WIB

Tuberkulosis Laten Bisa Timbul tanpa Gejala, Siapa yang Harus Tes Tuberkulin?

TBC laten umumnya dialami oleh kelompok berisiko tinggi.

Warga melakukan rontgen toraks paru saat pelaksanaan layanan keliling deteksi tuberkulosis (TBC) di UPT Pukesmas Belawan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).  Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan rumah sakit daerah setempat menggelar layanan keliling deteksi TBC gratis bagi warga Kota Medan dengan tujuan siaga terhadap penyakit menular seperti TB dan HIV.
Foto:

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia berkomitmen meningkatkan sistem deteksi dini TBC hingga mencapai 900 ribu pada 2024 dari angka perkiraan kasus TBC di Indonesia sekitar satu juta kasus. Dengan begitu, seluruh pasien dapat mengakses perawatan lebih optimal.

Budi menilai, eliminasi TBC akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk itu, Kemenkes berkolaborasi dengan masyarakat dan kader kesehatan menyaring 2,2 juta populasi berisiko tinggi TBC.

"Kami melibatkan masyarakat untuk membentuk TBC Army, sebuah komunitas terlatih bagi para penyintas TBC yang membantu mendeteksi dan mengawasi pasien multidrug-resistant tuberculosis," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement