Rabu 06 Mar 2024 18:36 WIB

Film Suga BTS Tayang di Bioskop Hanya Sebentar?

Berbeda dari film biasa, film Suga BTS hanya tayang selama beberapa hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film konser Suga BTS D-Day The Movie. Film ini akan tayang di bioskop mulai April 2024.
Foto: Dok. BigHit
Poster film konser Suga BTS D-Day The Movie. Film ini akan tayang di bioskop mulai April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu member BTS, Suga, masih vakum dari karier musik-nya saat ini, sama seperti enam member lainnya. Hal ini karena mereka harus melakukan wajib militer Korea Selatan.

Saat para penggemar menunggu lebih banyak karya musik baru dari Suga, tim dari penyanyi dan rapper tersebut kini mengumumkan proyek film baru dari sang superstar. Hal ini tentu menjadi kabar bahagia para pendukung setianya, sekaligus menawarkan keuntungan finansial.

Baca Juga

Pada Selasa (5/3/2024), Hybe, perusahaan yang menjalankan label rekaman Suga, Big Hit Music–dan distributor film Trafalgar Releasing mengumumkan film baru Suga yang akan datang. Film yang akan bertajuk Agust D Tour D Day The Movie merupakan film konser yang menunjukkan perjalanan Suga Agust D Tour 2023.

"Agust D Tour D Day The Movie akan tayang di bioskop global pada bulan April, namun hanya dalam jangka waktu yang sangat singkat. Itu akan tayang di bioskop pada Rabu 10 April dan Sabtu 13 April," demikian seperti dikutip dari laman Forbes, Rabu (6/2/2024).

Jadwal ini mungkin tampak seperti waktu yang aneh. Tetapi itu sering terjadi pada acara-acara khusus, seperti beberapa film konser, yang hanya mengisi kursi satu atau dua hari. Itu dalam upaya untuk meminimalkan biaya dan meningkatkan keuntungan.

Film ini berfokus pada penampilan encore dari konser Suga baru-baru ini. Pertunjukan aslinya membawa BTS ke enam negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Indonesia, dan tentu saja di Korea Selatan. 

Suga mengakhiri rekornya di negara asalnya dengan lima tanggal di Seoul pada bulan Juli dan Agustus 2023. Agust D Tour D Day The Movie menyuguhkan alter ego Suga. Saat merekam musik, dia menggunakan dua nama berbeda, tergantung proyek dan tujuannya. 

Suga berkarya bersama BTS dan terkadang sendirian, terutama saat bermitra dengan artis lain. Agust D adalah julukan yang sering ia pilih saat merilis musik sendiri.

Film konsernya akan fokus pada Suga, tapi dia bukan satu-satunya sosok terkenal yang akan hadir dalam film tersebut. Rekan satu grup lain di BTS, seperti Jung Kook, RM, dan Jimin, semuanya juga akan ditampilkan dalam Agust D Tour D Day The Movie.

Meski demikian, rilis yang mengumumkan film tersebut belum secara spesifik menjelaskan keterlibatan mereka lebih jauh. Namun tentu saja, Army, sebutan untuk penggemar BTS sangat antusias menantikan film ini rilis secara global.

Menurut laman Hindustan Times, film dijadwalkan tayang perdana di bioskop dan IMAX di seluruh dunia pada 10 dan 13 April. Film akan menampilkan cuplikan dari konser encore “D-DAY’ THE FINAL” Suga yang diadakan Agustus lalu. 

Pada 6 Maret tengah malam KST, Suga membuat kejutan kepada penggemar dengan video pengumuman untuk film fitur barunya itu. Suga mengatakan sudah lama tidak bertemu dengan penggemarnya.

"Dan saya kembali dengan sebuah video untuk berbagi berita yang sangat spesial dengan Army tercinta. Apakah Anda ingat Suga Agust D Tour D-Day yang terakhir dari tur solo saya musim panas lalu?," kata Suga.

Tur "D-Day" sangat bermakna karena menceritakan kisah perjalanannya sebagai Suga dan Agust D. Emosi yang ia rasakan saat final masih begitu jelas, karena ini adalah konser terakhir tur tersebut. "Sekarang, konser terakhir itu akan dirilis di bioskop seluruh dunia!,” kata Suga. 

Film diputar di negara mana saja?

Film ini akan dirilis secara global. Tiket pemutaran film akan tersedia untuk dibeli mulai Selasa, 12 Maret, pukul 11.00 ET/08.00 PT/15.00 ET. GMT di SugaTheMovie.com. Situs web ini akan mengungkap semua bioskop yang menayangkan film tersebut pada 12 Maret.

Film D-DAY akan menampilkan akhir emosional dari tur solo Suga. Kemudian ada penampilan spesial anggota BTS lain yakni Jimin, Jungkook, dan RM.

Ini bukanlah film fitur pertama membet tertua kedua BTS itu. Suga sebelumnya merilis film dokumenter solonya Suga: Road to D-Day pada tahun 2023, yang menceritakan perjalanan dirinya sebagai artis solo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement