Rabu 06 Mar 2024 13:52 WIB

Mengapa Pengidap Diabetes Perlu Prioritaskan Vaksin Flu?

Influenza berbeda dengan common cold alias selesma.

Perempuan mengelap hidungnya saat kena influenza (ilustrasi). Pengidap diabetes, penderita penyakit jantung, atau penderita penyakit ginjal perlu mendapatkan vaksin influenza untuk cegah komplikasi.
Foto:

Oleh karena itu, menurut dr Dirga, vaksinasi influenza seharusnya sudah menjadi suatu program vaksinasi yang rutin sekali setahun di tempat bekerja. Vaksinasi influenza perlu dilakukan selain pemeriksaan kesehatan menyeluruh (medical check up).

"Vaksin influenza sudah lama direkomendasikan PAPDI. Pemberian satu kali setahun untuk semua orang dewasa tanpa terkecuali," kata dr Dirga.

Sementara itu, khusus di Jakarta, data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta menunjukkan influenza atau flu merupakan salah satu dari penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang umum selain pilek, pneumonia dan bronkitis. Kasus ISPA biasanya meningkat di awal tahun kemudian menurun.

Dinkes mengimbau masyarakat di wilayah DKI Jakarta yang merasakan gangguan pernapasan seperti sesak napas, batuk, pilek, dan gangguan lainnya untuk mengakses layanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement