Selasa 05 Mar 2024 17:55 WIB

Sebut Aroma Spageti Filipina Seperti Bau Muntah, Benny Blanco Banjir Kritik

Benny Blanco merupakan penulis lagu hit asal Amerika Serikat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Produser rekaman asal AS, Benny Blanco, menghadiri Pre-Grammy Gala di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, AS, 4 Februari 2023. Video reaksi Blanco saat menyantap spagheti Filipina menuai kritik.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Produser rekaman asal AS, Benny Blanco, menghadiri Pre-Grammy Gala di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, AS, 4 Februari 2023. Video reaksi Blanco saat menyantap spagheti Filipina menuai kritik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produser Benny Blanco mendapat kecaman karena video reaksinya yang dianggap tidak sensitif dan tidak sopan. Awal bulan ini, Blanco mengunggah video TikTok dirinya sedang mencoba makanan dari Jollibee, jaringan makanan cepat saji terkemuka di Filipina.

Dilansir Koreaboo, Selasa (5/3/2024) Blanco mencoba ayam goreng dan spageti versi lokal. Spagetinya memiliki rasa manis yang unik. Pria berusia 35 tahun itu terlihat menutup hidung begitu membuka bungkus spageti tersebut.

Blanco menyatakan bahwa aroma spageti itu seperti bau muntah. Blanco kemudian memuntahkan kembali seteguk spageti ke dalam wadah asalnya setelah satu gigitan.

Warga Filipina mengungkapkan kemarahan mereka atas kata-kata dan tindakan-tindakannya. Mereka menyatakan bahwa Blanco tidak sopan dan tidak peduli jika dia memuntahkan mi pasta tersebut. Warga Filipina pun menyatakan bahwa hal tersebut merupakan pemborosan terhadap makanan yang sangat enak sekaligus merupakan penghinaan terhadap komunitas lokal.

 

"Itu sangat tidak sopan. Tidak apa-apa jika makanan itu tidak sesuai dengan selera Anda, tetapi menyajikan makanan yang sangat enak dan sesuatu yang sangat dekat dengan hati orang Filipina. Benar-benar pria yang kasar, Benny Blanco," komentar akun media sosial X @xinterxa***.

Warganet sebetulnya menghargai selera Blanco. Hanya saja, cara Blanco mengekspresikan ketidaksukaannya terhadap masakan Jollibee dianggap tidak sopan.

"Saya tidak peduli jika Benny Blanco tidak menyukai Jollibee. Tidak semua orang menyukainya. TAPI fakta bahwa dia harus menunjukkan betapa jijiknya dia secara verbal dan bahkan meludahi makanan seperti dalam video yang bisa dilihat orang di seluruh dunia…Orang ini tidak punya sopan santun, itu saja. Selena (Gomez) harus sadar bahwa dia berkencan dengan (tiga emoji bendera merah) lagi," tulis akun X @jaxiel***.

Mereka lebih lanjut mencatat bahwa Blanco bersikap munafik karena dalam pernyataan pembukaannya dia mengklaim tumbuh besar dengan mengonsumsi makanan Filipina. Namun, produser asal Amerika Serikat bersikap seolah-olah itu adalah pertama kalinya dia mencicipi spageti ala Filipina.

"Benny blanco mengatakan bahwa dia tumbuh besar dengan makan makanan Filipina KEMUDIAN dengan penuh tidak hormat terhadap jollibee dan makanan Filipina-nya TERUTAMA spageti Filipina," tulis akun X @joxnnysfaxxl***.

Warganet mengaku tersinggung dengan tindakan Blanco mengingat pentingnya Jollibee bagi budaya setempat. TikToker Filipina Reen (@r33nberger) menunjukkan bahwa spageti dari Jollibee bukan hanya sejenis pasta, tetapi juga simbol dari sesuatu yang lebih besar, yaitu ketahanan orang Filipina.

"Meskipun kami senang melihat orang asing mencoba Jollibee untuk pertama kalinya…Jollibee tidak diperuntukkan bagi Anda. Spageti versi kami berakar kuat pada kenyataan bahwa kemiskinan cukup tinggi di Filipina. Jadi banyak orang Filipina melakukan apa pun yang mereka punya (untuk bertahan hidup)," kata Reen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement