Selasa 05 Mar 2024 12:10 WIB

Screen Time Curi Interaksi Pembentukan Bahasa Balita dengan Orang Tua 

Screen time dapat mengurangi rata-rata 1.100 kata dewasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Screen time pada anak (iustrasi).
Foto: Freepik
Screen time pada anak (iustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut penelitian baru, para orang tua telah diperingatkan bahwa mengalihkan perhatian anak-anak dengan gawai dan menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar (screen time) dapat menyebabkan mereka belajar lebih sedikit kata. Penelitian ini melibatkan lebih dari 200 keluarga Australia. Keluarga-keluarga itu dilacak selama dua setengah tahun dengan balita yang dilengkapi dengan perangkat untuk merekam audio selama 16 jam sehari di rumah keluarga. 

Ketika tim dari Telethon Kids institute mengamati 7.000 jam audio, mereka menemukan bahwa balita dalam penelitian ini rata-rata menghabiskan waktu di depan layar selama tiga jam sehari, dan kehilangan pembelajaran dengan cepat bertambah. 

Baca Juga

“Untuk anak-anak berusia tiga tahun dalam penelitian kami, kami menunjukkan bahwa selama satu menit waktu menatap layar, mereka mendengar tujuh kata-kata orang dewasa lebih sedikit, dan mereka terlibat dalam satu percakapan lebih sedikit setiap hari,” kata petugas peneliti senior Mary Busher, dilansir ABC News, Selasa (5/3/2024). 

Menurut temuan yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association Pediatrics, screen time dapat mengurangi rata-rata 1.100 kata dewasa, 840 vokalisasi, dan 194 percakapan sehari pada anak usia tiga tahun. 

“Apa yang kami ketahui dari penelitian sebelumnya adalah semakin banyak kata dan percakapan adalah semakin banyak kata dan percakapan yang dapat dilakukan anak-anak, semakin baik pula perkembangan bahasa awal mereka, dan karena itu kami ingin melihat angka tersebut setinggi mungkin,” kata Dr Brushe. 

Rata-rata anak mendengar antara 5.000 dan 35.000 kata setiap hari, yang berarti arti dari kata-kata yang hilang tersebut dapat bervariasi. Para peneliti tidak mengaitkan hilangnya kemampuan belajar dengan keterlambatan bicara yang berdampak pada seperempat siswa Australia yang mulai masuk sekolah dasar. 

Para peneliti memperingatkan orang tua untuk mewaspadai technoference. Itu adalah sebuah istilah untuk layar dan perangkat yang menghalangi percakapan yang membantu anak-anak mengembangkan serangkaian keterampilan pendidikan utama.

“Jika ada, kita mungkin meremehkan seberapa banyak penggunaan layar, dan technoference terkait, yang terjadi di sekitar anak-anak karena kita belum bisa menangkap aktivitas orang tua yang berhubungan dengan layar diam, seperti membaca email, mengirim SMS, atau diam-diam. menelusuri situs web atau media sosial," kata Dr Brushe.

Ada beberapa kelemahan....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement