Selasa 20 Feb 2024 20:18 WIB

Kena Selesma, Anak Bisa Sembuh Sendiri dalam 7-10 Hari, Lebih Lama Lagi Kalau Ada Alergi

Anak tidak memerlukan obat ketika terkena selesma.

Anak sakit (ilustrasi). Berbeda dengan selesma yang merupakan penyakit batuk pilek akibat virus, influenza dapat memunculkan gejala yang lebih berat.
Foto:

Akan tetapi, dr Rina mengingatkan untuk mewaspadai beberapa tanda saat anak sedang mengalami batuk pilek. Pertama, ketika gejala yang muncul sudah mengarah kepada penyakit influenza.

"Kalau influenza atau flu yang sesungguhnya itu biasanya anaknya sakit lebih berat, ada demam tinggi, mengeluh nyeri kepala, nyeri otot, ngilu-ngilu, dan anaknya keliatan lemah. Justru dia pileknya jarang," katanya.

Bagaimana kalau batuk pilek hanya terjadi pada pagi hari atau saat suhu udara dingin? Dokter Rina menyebut itu mengindikasikan terjadinya rhinitis alergi, yakni batuk pilek yang dipicu oleh reaksi terhadap alergi.

Kadang kala, ingus juga memiliki bau. Itu bisa jadi disebabkan karena anak memasukkan sesuatu ke dalam hidung, sehingga menyebabkan ingusnya menjadi berbau.

"Warna ingus ini tidak selalu merupakan indikasi untuk diberikan antibiotik ya, tapi kalau dia berbau itu yang harus kita waspadai, jangan-jangan anak itu memasukkan sesuatu ke dalam hidungnya," tutur dr Rina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement