Selasa 20 Feb 2024 14:09 WIB

Anak Jadi Pelaku Bullying, Orang Tuanya Terapkan Gaya Pengasuhan Seperti Apa?

Gaya pengasuhan tertentu erat kaitannya dengan pelaku maupun korban perundungan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ibu sedang memarahi anaknya (ilustrasi). Gaya pengasuhan otoriter berisiko membuat anak tumbuh menjadi perundung.
Foto:

Efek dari interaksi orang tua-anak seperti ini adalah peningkatan kemungkinan terjadinya disregulasi emosional pada anak. Anak-anak yang mengalami perundungan dari orang tuanya lebih mungkin mengalami masalah dalam memproses dan mengungkapkan kemarahan dibandingkan anak-anak yang tidak mengalami perundungan dari orang tuanya.

Selain itu, anak-anak yang ditindas oleh orang tua mereka mungkin belajar bagaimana menjadi korban. Mereka bisa mengembangkan mentalitas korban dan merespons hubungan dengan teman sebaya dengan peran bawahan atau peran pasif, yang mungkin tidak efektif dalam mencegah mereka menjadi korban lebih lanjut.

Studi ini menyoroti pentingnya memantau cara orang tua berinteraksi dengan anak-anak mereka. Komentar yang bersifat kritis, meremehkan, dan sarkastik dapat memiliki efek merugikan pada kesehatan emosional anak-anak.

Para ahli pengasuhan anak menekankan pentingnya gaya pengasuhan yang menghargai, yang menetapkan batasan yang tegas seraya memberikan dukungan emosional dan menjelaskan alasan di balik aturan tersebut. Memahami dampak kata-kata dan interaksi orang tua terhadap anak adalah langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi pertumbuhan emosional anak.

Orang tua disarankan lebih berhati-hati dengan kata-kata dan interaksinya dengan anak-anak. Bahkan, komentar yang tampak tidak berbahaya pada saat itu dapat memiliki efek jangka panjang pada kesejahteraan emosional anak-anak.

Sebagai orang tua, penting untuk selalu mempertimbangkan dampak kata-kata dan tindakan terhadap anak-anak. Sebab, hal tersebut dapat membentuk siapa mereka di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement