Senin 19 Feb 2024 14:40 WIB

Masih Kecil, Mengapa Anak Bisa Sakit Kanker?

Penyebab kanker pada anak berbeda dengan orang dewasa.

Anak sakit (ilustrasi). Jangan dibiarkan jika ada benjolan pada tubuh anak. Periksakan untuk memastikan itu bukan kanker.
Foto:

Dokter Teny menyampaikan bahwa pada anak, gejala kanker dapat berupa demam yang tak kunjung sembuh setelah lebih dari dua pekan, wajah pucat, dan jalan sempoyongan. Gejala yang paling khas ialah adanya benjolan pada bagian tubuh.

"Pada prinsipnya, kalau ada benjolan yang seharusnya tidak boleh ada pada tubuh kita, kemudian anak terlihat pucat misalnya, atau mengalami pendarahan, dan tiba-tiba kejang, jalan sempoyongan, itu kemungkinan gejala dari kanker," kata anggota Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Dokter Teny menganjurkan orang tua segera memeriksakan anak ke dokter apabila mendapati anak mengalami gejala-gejala semacam itu. Segera periksakan anak ke fasilitas kesehatan terdekat agar dapat mengetahui penyebabnya dan anak bisa mendapatkan penanganan medis yang dibutuhkan.

"Kami sudah mengajarkan para tenaga kesehatan di puskesmas untuk mendeteksi dini gejala kanker dan membantu merujuk kalau memang diperlukan," katanya.

Menurut data Globocan 2020, jumlah penderita kanker pada anak (0-19 tahun) sebanyak 11.156 jiwa. Dari angka itu, leukemia menempati posisi pertama dengan 3.880 kasus (34,8 persen), sedangkan kanker getah bening dan kanker otak masing-masing dengan 640 kasus dan 637 kasus (5,7 persen).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement