Jumat 16 Feb 2024 10:35 WIB

Alice Norin Divonis Kanker Sarkoma, Berkembang di Otot Rahim

Dokter langsung menjadwalkan operasi besar pada 16 Desember 2023.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Alice Norin
Foto: Republika/Novita Intan
Alice Norin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Alice Norin memberi kabar tentang kondisi kesehatannya lewat sebuah unggahan di akun Instagram miliknya. Ia bercerita bahwa dirinya divonis menderita kanker sarkoma, yakni kanker langka yang berkembang di otot rahim.

“Nggak, ini lagi nggak becanda. Dan aku juga nggak lagi nyari perhatian. Buat apa penyakit dibecandain kan,” ucap Alice yang beberapa waktu ini masih aktif berjualan lewat Tiktok Shop, dalam video yang diunggahnya hari ini, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

Sejak Desember 2023 hingga awal Februari 2024, Alice sempat on-off berjualan di Tiktok Shop karena dirinya bolak-balik ke dokter untuk memastikan pengecekan dirinya. Alice mengaku sering merasakan sakit di bagian perut bawah sejak Agustus 2023.

“Dan ketahuan kalau aku memang ada miom, yang menurut dokter kalau nggak terganggu nggak usah dioperasi. Biasanya nggak terlalu aku rasain sih, tapi akhir tahun kemarin pas live promo 12.12 Tiktok baru buka, sakitnya bener-bener nggak ketahan,” ucap Alice.

Akhirnya dia melakukan cek, dan memutuskan ingin mengangkat miom karena sudah di tahap mengganggu nyerinya hebat. Dengan ditemani suaminya, dokter yang didatanginnya menanyakan apakah dirinya memiliki riwayat kanker.

Alice diam lama, lalu mengatakan bahwa sang ibu meninggal karena kanker. Dokter pun menjelaskan bahwa miomnya ini sebesar enam sentimeter, dan ada pembuluh darah di dekat miom yang seharusnya tidak ada. Kata dokternya, itu berarti bisa menandakan keganasan.

“Jadi beliau menyarankan untuk ke dokter fetomaternal di rumah sakit yang sama. Begitu waktunya masuk ke dalam ruangan dokter fetomaternal, itu semakin deg-degan dan takut banget sama hasil yang keluar,” ucap Alice.

Ternyata, hasilnya pun benar seperti yang dikatakan oleh dokter sebelumnya, banyak pembuluh darah di sekitar miom yang menandakan kemungkinan keganasan. Keesokan harinya, Alice diminta bertemu kembali dengan dokter tersebut.

“Hari berikutnya tanggal 13 Desember 2023, aku dan suami langsung cepat-cepat ke rumah sakit, udah pengen langsung ketemu sama dokternya lagi,” ucap Alice.

Dokter langsung mengatakan bahwa ada kemungkinan kanker sarkoma dan harus segera dioperasi, dengan cara midline laparotomy, dibedah dari atas ke bawah. Setelah miom dibiopsi, jika ganas, semua organ reproduksi dan dua kelenjar belakang harus dikeluarkan untuk stop adanya kemungkinan penyebaran kanker.

“Artinya aku akan menopause dini dan udah pasti nggak bisa punya anak lagi. Langsung dijadwalkan operasi besar pada 16 Desember 2023. Aku dan suami masih nggak percaya, is this real?” ucap Alice mengakhiri videonya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement