Kamis 15 Feb 2024 16:41 WIB

Film yang Disarankan Geser Jadwal Tayang Agar tak Kalah dari Film Lain, Termasuk Superman

Pemilihan tanggal tayang yang tepat menjadi salah satu faktor kesuksesan film.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor David Corenswet dan karakter superhero Superman. Superman: Legacy menjadi salah satu film yang disarankan memindahkan tanggal perilisannya.
Foto: Dok. dcupdates.org
Aktor David Corenswet dan karakter superhero Superman. Superman: Legacy menjadi salah satu film yang disarankan memindahkan tanggal perilisannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih tanggal tayang tepat untuk perilisan sebuah film dapat menjadi salah satu faktor kesuksesan. Ada beberapa film yang dijadwalkan rilis pada 2024, namun disarankan memindahkan tanggal rilisnya. Saran ini diberikan demi mendapatkan hasil-hasil terbaik. 

Dilansir Screen Rant pada Kamis (15/2/2024), berikut ini lima film mendatang yang dinilai perlu memindahkan tanggal rilisnya: 

Baca Juga

1. Superman: Legacy (11 Juli 2025)

Superman: Legacy ditetapkan menjadi film resmi pertama DC Universe (DCU) James Gunn. Dengan rekam jejak DC Extended Universe (DCEU), film ini perlu memberikan kesan yang baik. Namun, tanggal rilisnya saat ini ditetapkan hanya satu pekan setelah entri Jurassic World berikutnya. 

 

Mengingat masing-masing dari tiga film Jurassic World menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat (AS) (via The Numbers), ada kemungkinan besar film ini akan menarik penonton serupa. Merilis begitu dekat dengan Jurassic World adalah risiko besar bagi waralaba tersebut setelah kematian DCEU yang cepat. 

2. Sonic The Hedgehog 3 (20 Desember 2024)

Film Sonic The Hedgehog mengalami pertumbuhan positif antara film pertama dan kedua. Namun entri ketiga dijadwalkan dirilis pada hari yang sama dengan prekuel live-action Lion King, Mufasa. Hal ini bisa menjadi bencana bagi Sonic. 

The Lion King menghasilkan lebih dari 1,6 miliar dolar AS ketika dirilis pada tahun 209 (via Box Office Mojo), dan kedua entri dalam seri Sonic bahkan belum menghasilkan setengah dari angka tersebut (via The Numbers). Dengan keduanya dirilis pada periode Natal, ada kemungkinan Sonic bisa kembali dengan baik, tetapi hampir pasti akan dibayangi oleh Disney. 

3. Minecraft: The Movie (4 April 2025)

Meskipun Minecraft sebagai sebuah film belum terbukti di box office, namun jumlah pengikutnya tidak dapat diabaikan. Minecraft nantinya akan tayang berbarengan dengan Fast & Furious 11. Mungkin salah satu dari mereka mempertimbangkan pindah tanggal rilis. 

Di sisi lain, jika Fast & Furious 11 dirilis pada April 2025, waralaba tersebut akan menyertakan beberapa nama besar di Hollywood. Tiga film terakhir secara konsisten menghasilkan lebih dari 700 juta dolar AS, sehingga film tersebut kemungkinan akan menarik banyak penonton. Minecraft mungkin bijaksana untuk mempertimbangkan pindah untuk mengakomodasi film tersebut untuk meningkatkan peluang keberhasilannya. 

BACA JUGA: Film Scifi Robert Pattinson yang Naik Kelas: Mickey 17

4. Fast & Furious 11 (April 2025)

Fast & Furious membangun waralaba bernilai miliaran dolar selama bertahun-tahun (via The Numbers). Namun sejak film kedelapan, seri film ini berada dalam tren menurun.

Fast & Furious 11 saat ini diperkirakan dirilis pada April 2025, namun tidak jelas apakah produksinya akan mampu memenuhi target tersebut. Yang jelas, hal lain perlu dipertimbangkan jika film tersebut ingin tetap ingin tayang bersamaan dengan Minecraft. Pasalnya Minecraft adalah salah satu gim video paling populer di dunia dengan rekor angka streaming, miliaran penayangan di YouTube di berbagai saluran khusus, dan film baru yang akan segera hadir. 

5. Elio (12 Juni 2025)

Elio adalah proyek terbaru dari Pixar yang akan dirilis pada 2025. Dengan serangkaian nasib buruk yang dialami Pixar akhir-akhir ini, tampaknya semakin penting memberikan proyek baru mereka peluang terbaik untuk mencapai kesuksesan. 

Jika Elio tetap pada tanggal rilis saat ini, film tersebut akan tayang di bioskop-bioskop hanya satu hari sebelum live-action How Train Your Dragon dan beberapa pekan sebelum live-action Moana. Elio sebaiknya menunda rilisnya satu atau dua pekan lebih awal agar memiliki lebih banyak waktu untuk menarik para penonton dan memanfaatkan rilis musim panasnya secara maksimal tanpa harus menghadapi persaingan yang ketat. 

BACA JUGA: Fakta Pahit di Balik Film Aladdin yang Mungkin Baru Disadari Penonton 31 Tahun Kemudian

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement