Rabu 14 Feb 2024 17:46 WIB

Bukan Gimmick, Kunto Aji Beneran Jadi Petugas Linmas di TPS Dekat Rumahnya

Kunto Aji bertugas sebagai linmas di TPS dekat rumahnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Musisi Kunto Aji mengenakan baju seragam petugas linmas. Kunto bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di kompleks perumahannya.
Foto: Dok Instagram/kuntoajiw
Musisi Kunto Aji mengenakan baju seragam petugas linmas. Kunto bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di kompleks perumahannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Kunto Aji menjadi petugas linmas (perlindungan masyarakat) dan membantu penyelenggaraan pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) kompleks perumahannya. Meski sempat terkendala oleh hujan besar pada Selasa (13/2/24) malam, penyelenggaraan pemilu di TPS tempat Kunto bertugas akhirnya berjalan dengan lancar.

"Tahun ini meniatkan diri jadi petugas TPS, walau cuma linmas," tulis Kunto melalui akun X pribadinya pada Ahad (4/2/2024), seperti dikutip pada Rabu (14/2/24).

Baca Juga

Niat Kunto tersebut akhirnya benar-benar terwujud. Melalui akun media sosialnya, Kunto mengungkapkan bahwa dia jarang bisa berpartisipasi dalam acara-cara di kompleks perumahannya.

"Nah, ini mumpung libur jadi bisa (berpartisipasi menjadi linmas di TPS saat Pemilu)," ujar Kunto yang terkenal dengan lagu "Terlalu Lama Sendiri".

Kunto menyatakan bahwa dia merupakan penghuni yang relatif baru di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, pria berusia 37 tahun itu memanfaatkan momen Pemilu agar bisa berbaur dan menjadi lebih akrab dengan warga-warga lain di sekitarnya.

"Kebetulan ditawari Bu RT ikutan pas Pemilu, bersedia lah, dengan syarat minta yang tugasnya paling mudah," kata Kunto.

Kunto mengajukan syarat tersebut karena khawatir tidak bisa mengikuti serangkaian rapat persiapan. Selain itu, dia juga merasa belum memiliki pengalaman untuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Jadilah dikasih tugas Linmas. Maka dari itu, semua ini bukan gimmick ya, ini beneran hahahahahah," tulis Kunto.

Melalui unggahan Instagram Story, Kunto juga berbagi pengalamannya selama bertugas menjadi Linmas. Pada Selasa (13/2/24) malam, misalnya, Kunto sudah berada di lokasi TPS untuk membantu mempersiapkan tempat pencoblosan. Dia juga sempat memamerkan emblem Linmas yang akan dia kenakan pada hari pencoblosan.

Setelah tenda hingga meja di TPS sudah ditata, Kunto kembali ke rumah untuk tidur. Kunto bercerita bahwa dia akan mulai bertugas pada Rabu (14/2/2024) sejak pukul 06.00 WIB.

"Istirahat dulu lah, besok jam 6. A day in my life as Leen Mush," kata Kunto bercanda.

Keesokan paginya, Kunto membagikan foto dirinya yang sudah rapi dengan kemeja putih. Tak lupa, dia memasang emblem Linmas pada satu sisi lengannya.

Namun saat tiba di TPS, Kunto dihadapkan dengan kondisi tenda TPS yang ambruk akibat hujan angin di malam sebelumnya. Kondisi tersebut memaksa para warga untuk memindahkan lokasi TPS ke area //indoor//.

Setelah bergotong royong memindahkan lokasi TPS, Kunto sebagai Linmas berkesempatan untuk mencoblos lebih dulu. Dia pun memamerkan jarinya yang sudah dicelup ke dalam tinta ungu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement