Senin 12 Feb 2024 08:01 WIB

Oscar Tambah Kategori Sutradara Casting, Terbaru Sejak 2001

Terakhir kali Oscar menambahkan kategori adalah pada 2001, yaitu film animasi terbaik

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Piala Oscar (ilustrasi). Oscar akan menambah penghargaan baru untuk mengakui pencapaian dalam casting untuk film-film yang dirilis pada tahun 2025.
Foto: EPA-EFE/CAROLINE BREHMAN
Piala Oscar (ilustrasi). Oscar akan menambah penghargaan baru untuk mengakui pencapaian dalam casting untuk film-film yang dirilis pada tahun 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara casting adalah salah satu peran kreatif paling penting dalam dunia hiburan. Tetapi sejauh ini belum ada ajang penghargaan besar yang khusus memberikan kategori untuk posisi tersebut di Hollywood. 

Namun mulai tahun depan, kategori itu akan dimasukkan. Hal ini sebagai bentuk penghargaan bagi para pekerja kreatif di bidang tersebut.

Baca Juga

"Oscar akan menambah penghargaan baru untuk mengakui pencapaian dalam casting untuk film-film yang dirilis pada tahun 2025 dan seterusnya, kata dewan gubernur Akademi Seni dan Sains Film, dikutip dari USA Today, Senin (11/2/2024).

Sebelumnya Oscar menambahkan film animasi dalam kategori penghargaannya pada 2001. Sejak saat itu, baru kali ini ada penambahan kategori baru lagi. 

 

CEO Academy Bill Kramer dan Presiden Academy Janet Yang mengatakan dalam pernyataan bersama, bahwa kategori baru ini merupakan peran yang penting. Sehingga layak diberikan penghargaan.

“Sutradara casting memainkan peran penting dalam pembuatan film, dan seiring berkembangnya Akademi, kami bangga menambahkan casting ke dalam disiplin ilmu yang kami akui dan rayakan,” ujarnya.

"Penghargaan ini merupakan pengakuan yang pantas atas bakat luar biasa para direktur casting dan bukti atas upaya berdedikasi dari bagian kami,” kata Academy Casting Directors Branch governors Richard Hicks, Kim Taylor-Coleman dan Debra Zane dalam sebuah pernyataan.

Piala pertama untuk kategori ini akan diberikan pada Academy Awards ke-98 pada tahun 2026. Sutradara casting, dan pemeran pengganti, telah lama melobi untuk kategori Oscar agar memberikan pengakuan tentang kontribusi spesifik mereka terhadap film. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement