Ahad 04 Feb 2024 15:05 WIB

Agensi BTS, Hybe, Dikabarkan Bakal Ambil Langkah Lain untuk Akuisisi SM Entertainment

Kabar rencana akuisisi Hybe terhadap SM Entertainment terus bergulir.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS bersama founder Hybe Bang Si-hyuk. Hybe Labels, kembali dirumorkan mengambil langkah bisnis untuk mengakuisisi SM Entertainment.
Foto:

Kini, rumor Hybe mengambil langkah lain untuk mengakuisisi SM Entertaint kembali tersebar. Meskipun, HYBE bukan satu-satunya perusahaan yang menunjukkan minat untuk mengakuisisi SM Entertainment.

Kemungkinan menarik lainnya adalah potensi akuisisi kembali SM Entertainment oleh pendirinya, Lee Soo-man. Sebelumnya, Lee Soo-man telah menjual 14,8 persen saham SM Entertainment kepada Hybe.

Perkembangan terbaru di pengadilan menunjukkan bahwa dia mungkin mempertimbangkan untuk mengambilnya kembali. Pengadilan telah menerima permintaannya untuk meninjau risalah rapat dewan dan melampirkan dokumen dari SM Entertainment, yang menandakan kemungkinan pemeriksaan ulang atas sengketa kepemilikan.

Sumber industri juga menyatakan bahwa NCSOFT, sebuah perusahaan gim besar, adalah salah satu pembeli potensial. Namun, NCSOFT yang pernah terlibat dalam usaha terkait K-Pop melalui anak perusahaan Universe, dilaporkan telah menarik diri dari kegiatan tersebut. Keraguan juga masih ada mengenai kemampuan finansial mereka untuk mengakuisisi perusahaan seperti SM Entertainment.

Selain itu, perusahaan fashion F&F secara konsisten menyatakan minatnya untuk mengakuisisi SM Entertainment menurut rumor industri. F&F telah melaporkan laba operasional yang stabil di kisaran 100 miliar won (sekitar Rp 1,17 triliun). Masuknya perusahaan ke pasar K-pop melalui pembentukan F&F Entertainment telah menandai F&F sebagai pesaing potensial.

Raksasa hiburan Amerika, MGM, juga dikabarkan ikut serta. MGM sebelumnya memiliki hubungan dengan SM Entertainment, karena kedua entitas berkolaborasi dalam mempromosikan audisi K-pop.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa Kakao telah menyatakan keinginannya untuk menjual SM Entertainment ke MGM. Namun, Kakao Entertainment secara resmi membantah klaim tersebut.

Meskipun belum ada kepastian apa pun, minat dari berbagai pihak untuk melakukan akuisisi menunjukkan daya tarik SM Entertainment yang besar. Hal itu terlepas dari berbagai masalah yang dihadapi perusahaan beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Aktris Korea dengan Bayaran Termahal, Ada yang Rp 1 Miliar per Episode

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement