Kamis 01 Feb 2024 15:03 WIB

Misteri Asal-usul Covid-19 yang Sebenarnya Diyakini Nggak Bakal Terpecahkan, Apa Sebab?

Pandemi Covid-19 telah dinyatakan berakhir sejak tahun lalu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
 staf keamanan mencoba untuk menghentikan fotografer dari mengambil gambar Institut Virologi Wuhan di Wuhan, Cina, 27 Januari 2021. Tim ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO dijadwalkan untuk mengakhiri karantina mereka pada 28 Januari di Wuhan dan mulai melakukan penelitian ilmiah bersama. penelitian dengan ilmuwan China untuk menyelidiki asal Covid-19.
Foto:

Direktur Jenderal WHO kemudian menyerukan penyelidikan baru. Ia dengan mengatakan semua hipotesis masih terbuka dan memerlukan studi lebih lanjut.

Banyak ilmuwan menyatakan bahwa tidak ada bukti jika Covid-19 bocor dari laboratorium. Mereka mengatakan kemungkinan besar virus tersebut menular ke manusia dari hewan melalui pasar basah di Wuhan.

photo
Brain fog usik penyintas Covid-19. - (Republika)

Sebelumnya, Cina bersikeras bahwa virus tersebut berasal dari tempat lain. Namun, para akademisi, politisi, dan media telah mempertimbangkan kemungkinan virus tersebut bocor dari laboratorium biokimia dengan tingkat perlindungan biosafety tinggi di Wuhan.

Hal itu menimbulkan kecurigaan bahwa pejabat Cina hanya menyembunyikan bukti awal penyebarannya. Investigasi awal yang dilakukan WHO pada Januari 2021 melibatkan sekelompok ilmuwan yang melakukan perjalanan ke Wuhan. Mereka menyimpulkan bahwa 'semua hipotesis tetap ada'. Dalam laporannya pada Maret 2021, mereka mengurutkan kemungkinan dari empat teori, sehingga teori asal usul alamiah menjadi teori yang paling mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement