Kamis 01 Feb 2024 00:52 WIB

Studi: Makan Kimchi Setiap Hari Bantu Cegah Obesitas

Makan kimchi membantu orang obesitas menurunkan berat badan mereka.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Proses pembuatan kimchi. Menurut studi, makan kimchi setiap hari bisa mengatasi obesitas.
Foto: EPA
Proses pembuatan kimchi. Menurut studi, makan kimchi setiap hari bisa mengatasi obesitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut World Federation, obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi oleh hampir semua negara di dunia, menurut World Heart Federation. Namun di sisi lain, bukan hal yang mudah bagi orang obesitas untuk bisa menurunkan berat badan mereka.

Sejauh ini, ada beberapa metode penurunan berat badan yang sudah teruji efektivitasnya menurut sains. Metode-metode tersebut adalah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, menurunkan asupan kalori, serta berolahraga secara rutin.

Berdasarkan studi terbaru dalam British Medical Journal, ada satu metode lain yang juga terbukti ampuh untuk membantu proses penurunan berat badan. Metode tersebut adalah mengonsumsi kimchi setiap hari. Menurut studi, mengonsumsi kimchi setiap hari tidak hanya dapat membantu orang-orang obesitas untuk menurunkan berat badan mereka. Mengonsumsi kimchi secara rutin juga bisa melindungi orang-orang dari risiko menjadi obesitas.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Korea Selatan ini melibatkan lebih dari 115.ribu partisipan berusia 40-69 tahun. Para partisipan ini ditanya mengenai frekuensi mereka mengonsumsi kimchi melalui kuesioner.

 

Hasil studi menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi kimchi kubis sebanyak 1-3 porsi per hari mengalami penurunan risiko obesitas sebesar 11-12 persen dibandingkan pria yang jarang mengonsumsi kimchi kubis. Pada wanita, penurunan risikonya adalah sekitar 8 persen.

Tak hanya kimchi yang terbuat dari kubis, kimchi yang terbuat dari lobak juga tampak membantu menurunkan risiko penumpukan lemak di area perut. Penurunan risiko sekitar 9 persen ini berlaku pada pria dan wanita.

Akan tetapi, tim peneliti meyakini bahwa tak ada manfaat tambahan yang bisa diperoleh bila seseorang mengonsumsi lebih dari tiga porsi kimchi per hari. Alasannya, konsumsi kimchi dalam porsi yang lebih banyak mengindikasikan bahwa orang tersebut menyantap makanan dalam porsi besar. Kebiasaan ini tentu bisa meningkatkan risiko terjadinya kegemukan.

Alasan lainnya, kimchi memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak menganjurkan konsumsi kimchi yang terlalu banyak agar manfaat baik kimchi tidak tertutupi oleh asupan sodium atau garam berlebih.

 

Secara umum, kimchi adalah sajian sayuran fermentasi khas Korea Selatan yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Kimchi bisa terbuat dari beragam jenis sayur, termasuk kubis dan lobak.

 

Sejumlah ilmuwan meyakini bahwa bakteri baik dalam kimchi turut berperan dalam membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, bakteri baik dari kimchi juga turut membawa manfaat bagi kesehatan usus 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement