Kamis 01 Feb 2024 04:04 WIB

Bayi di Sampang Lahir dengan 24 Jari Tangan dan Kaki, Kelainan Genetiknya Bisa Dicegah?

Sekitar 1 dari 1.000 bayi yang lahir setiap tahun mengalami polidaktili.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Foto dokumentasi pada 2011 memperlihatkan bayi berusia 15 bulan di India terlahir dengan kelainan bawaan polidaktili. Dia akan dioperasi agar bisa jalan.
Foto:

Terlahir dengan jari ekstra tidak berarti anak akan mengalami gangguan tumbuh kembang atau kondisi lainnya. Sekitar 1 dari 1.000 bayi yang lahir setiap tahun mengalami polidaktili.

Sebetulnya, polidaktili merupakan salah satu kondisi bawaan yang paling umum. Meski begitu, kondisi yang muncul sejak lahir ini secara keseluruhan masih relatif jarang terjadi.

Polidaktili mungkin hanya berdampak kecil atau tidak berdampak sama sekali pada tubuh anak. Memiliki jari tangan atau kaki tambahan tidaklah berbahaya.

Jari tambahan itu tidak akan menyebabkan gejala atau ketidaknyamanan apa pun pada bayi. Bisakah polidaktili dicegah? Kondisi ini tidak bisa dicegah mengingat penyebabnya ialah gangguan pada gen bayi saat mereka berkembang.

Gen adalah unsur biologis yang diwariskan orang tua kepada anak-anaknya. Gen berisi instruksi untuk pertumbuhan dan fungsi setiap sel dalam tubuh.

Apa pun yang mengganggu atau mengubah gen saat bayi berkembang dapat menyebabkan perubahan pada tubuhnya. Terkadang, perubahan ini tidak disadari, dan terkadang menyebabkan masalah seperti polidaktili dan kondisi bawaan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement