Senin 29 Jan 2024 19:15 WIB

Ini Kelebihan Menulis dengan Tangan Dibanding Mengetik

Menulis dengan tangan berguna untuk meningkatkan pembelajaran dan memori.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi menulis dengan tangan. Ini manfaat menulis dengan tangan.
Foto:

Sebaliknya, saat mengetik, sebagian besar tombol huruf terlihat sama sehingga memerlukan lebih sedikit aktivitas otak pada korteks visual dan motorik. Karena hanya sebagian kecil otak yang aktif saat mengetik, otak tidak perlu berkomunikasi antar area berbeda," kata Van der Meer.

Hasil penelitian Van der Meer sebelumnya pun serupa, meski lebih mengkhususkan pada anak-anak dan peserta dewasa muda. Studi terpisah lain yang dilakukam tim dari Indiana University pada 2017 juga menunjukkan bahwa menulis dengan tangan dapat menghubungkan keterampilan visual dan motorik, yang dapat membantu anak-anak mengenali huruf dengan lebih baik.

Namun, sulit juga untuk mengetahui apa atau bagaimana aktivitas otak dalam studi dapat diterjemahkan ke dalam peningkatan pembelajaran atau memori di kehidupan nyata. Hal itu disampaikan Ramesh Balasubramaniam, ahli saraf di University of California di Merced, yang tidak terlibat dalam penelitian.

 

Manfaat kognitif dari menulis tulisan tangan mungkin saja bisa diterapkan untuk kalangan lanjut usia. "Tapi, menurut saya, manfaat terbesarnya bisa didapat ketika otak masih berkembang, karena hal ini terjadi bersamaan dengan proses pembelajaran penting lainnya yang sedang terjadi," ungkap Balasubramaniam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement