Senin 29 Jan 2024 17:04 WIB

Ibu Berdosa Melahirkan Anak tak Berakhlak? Begini Pengasuhan Menurut Islam

Tugas ibu menjadi guru pertama bagi anak tidaklah mudah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Anak digandeng ayah dan ibunya (ilustrasi). Pengasuhan anak memerlukan peran besar ayah dan ibu.
Foto:

Jika kebiasaan buruk ini tidak diatasi saat anak beranjak dewasa, maka akan sulit baginya untuk menghindarinya di kemudian hari. Islam memerintahkan menjaga lidah. Nabi bersabda: "Barangsiapa yang menjamin, apa yang ada di antara rahangnya (lidah), dan apa yang ada di antara pahanya (bagian kemaluannya), maka saya jamin surga baginya." (Al-Bukhari)

Artinya, Muslim harus menjaga lidah sendiri dari mengucapkan sesuatu yang tidak diridhoi Allah SWT. Muslim juga harus menjaga aurat dari perbuatan haram atau zina.

Islam sangat menekankan pendidikan, dan anak-anak harus diberi kesempatan untuk fokus pada studi dan pertumbuhan pribadi mereka. Mengajarkan budi pekerti yang baik kepada anak dalam Islam adalah hal yang paling penting.

Dalam Islam, ayah juga harus menjadi teladan, pemberi nafkah, dan pendukung yang positif bagi anak-anaknya. Dengan mengikuti tuntunan Alquran dan hadits, para ayah bisa menjadi teladan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Orang tua harus menyadari peran mereka sebagai pendidik utama dan berusaha untuk membesarkan anak-anak mereka dengan sifat-sifat yang berbudi luhur. Dengan mengasuh anak dengan cara yang saleh, orang tua memenuhi kewajiban agamanya dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang bermoral tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement