Senin 29 Jan 2024 12:51 WIB

Tips Lindungi Anak dari Gigitan Nyamuk, Orang Tua Harus Tahu

Gigitan nyamuk bisa menjadi penyebab yang lebih besar bagi kesehatan bagi anak.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Gigitan nyamuk. (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi balita dari gigitan nyamuk.
Foto: www.freepik.com
Gigitan nyamuk. (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi balita dari gigitan nyamuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut kehadiran seorang anak merupakan hal menyenangkan untuk para orang tua. Namun, hal tersebut disertai dengan tanggung jawab yang besar, mulai dari memilih sesuatu yang mendasar, seperti pakaian hingga perawatan rambut, makanan, atau sesuatu yang spesifik seperti krim pengusir serangga.

Meskipun sebagai orang tua telah berupaya sebaik mungkin untuk menjaga anak-anak tetap aman, hal-hal kecil seperti gigitan nyamuk yang mungkin tampak tidak penting, kerap terjadi pada anak-anak dan membahayakan kulit sensitif mereka. Dilansir laman Hindustan Times pada Senin (29/1/2024), Kepala Penelitian dan Pengembangan Herby Angel dr Swathi Ramamurthy mengatakan, gigitan nyamuk mungkin bukan masalah besar. Namun gigitan ini memiliki kemampuan untuk menjadi penyebab yang lebih besar bagi kesehatan, seperti mengakibatkan kondisi mematikan seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya.

Baca Juga

“Meskipun hampir mustahil untuk sepenuhnya melindungi anak dari nyamuk, ada beberapa cara untuk menjaga mereka tetap aman dari serangga kecil yang berbahaya ini,” kata dr Ramamurthy.

Dia menyarankan lima langkah berguna untuk melindungi balita dari nyamuk:

1. Pakai kelambu

Baik saat mengajak bayi berjalan-jalan atau menidurkannya, sangat penting untuk menutupi gendongan atau tempat tidurnya dengan kelambu. Bertindak sebagai lapisan pertahanan tambahan, kelambu mencegah binatang melata yang mengganggu sekaligus menjaga kelancaran aliran udara dan melindungi anak.

2. Pakaian tertutup

Mengingat kulit bayi sangat halus, pakaian katun nyaman yang menutupi lengan dan kakinya adalah pilihan yang tepat. Pakaian berbahan katun tidak hanya mengusir nyamuk tetapi juga memungkinkan paparan udara maksimal sehingga membuat mereka tetap nyaman.

3. Krim pengusir serangga alami

Krim pengusir serangga terbaik untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk dan serangga yang mengganggu adalah krim yang mengandung bahan alami, ramuan organik, dan minyak esensial. Selain memberikan perlindungan terhadap binatang melata, krim pengusir nyamuk alami yang telah teruji secara dermatologis dengan DEET dan formulasi bebas alkohol, juga menenangkan kulit kering, gatal, dan teriritasi, serta mempercepat penyembuhan luka. 

4. Singkirkan genangan air

Air yang tergenang adalah lingkungan yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak dan dapat menyebabkan infestasi serangga di dalam rumah. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk membuang sisa air dari panci, wajan, wadah AC, dan bahkan ember air di toilet.

5. Jangan pakai produk beraroma

Minyak wangi, losion, gel mandi, dan sampo, semuanya memikat nyamuk, sehingga membuat anak terkena gigitan nyamuk. Produk alami dan organik merupakan produk bebas bahan kimia beracun dan bahan keras, juga kaya akan unsur nutrisi, menutrisi kulit bayi secara menyeluruh, menyempurnakan tekstur, dan melindungi dari infeksi. Dengan sifat bebas pewangi, alami dan menyembuhkan, produk bayi organik menjaga kulit anak aman dari nyamuk dan memastikan hidrasi yang cukup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement