Senin 29 Jan 2024 21:36 WIB

Cuaca Panas Ekstrem Bakal Mendera Tahun Ini, Apa yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat?

Ada beragam gangguan kesehatan terkait cuaca panas ekstrem.

Cuaca panas ekstrem (ilustrasi). Perbanyak minum air untuk menjaga hidrasi tubuh dan hindari aktivitas di luar ruangan pada saat suhu paling panas.
Foto: www.freepik.com
Cuaca panas ekstrem (ilustrasi). Perbanyak minum air untuk menjaga hidrasi tubuh dan hindari aktivitas di luar ruangan pada saat suhu paling panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca panas ekstrem akan mendera di tahun ini. Dalam cuaca ekstrem yang lebih panas, beberapa penyakit atau gangguan kesehatan dapat terjadi.

"Termasuk heat stroke, dehidrasi, heat exhaustion, heat cramps, dan eksaserbasi atau kekambuhan kondisi medis yang sudah ada, seperti penyakit jantung, gangguan pernapasan, dan penyakit kulit," kata dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi klinis  Sukamto Koesnoe  saat dihubungi Antara melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

Menurut dr Sukamto, gangguan kondisi kesehatan akibat cuaca ekstrem juga dapat terjadi pada orang yang rentan dengan kondisi stres. Kondisi ini juga dapat menimbulkan kekambuhan penyakit yang sudah diderita seseorang, seperti gangguan jiwa yang berat hingga penyakit autoimun.

Oleh karena itu, dokter spesialis penyakit dalam lulusan Universitas Indonesia ini memberikan sejumlah kiat untuk menghadapi cuaca ekstrem yang akan datang. Pertama, gunakan sun screen (tabir surya), pakaian panjang, dan topi atau payung untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung.

Kedua, perbanyak minum air untuk menjaga hidrasi tubuh dan hindari aktivitas di luar ruangan pada saat suhu paling panas. Ketiga, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi. Terakhir, carilah tempat yang sejuk atau ber-AC untuk menghindari panas yang berlebihan.

photo
Waspadai heat stroke. - (Republika)

Namun, jika seseorang mengalami gangguan kesehatan yang disebabkan oleh cuaca panas, seperti heat stroke, ada sejumlah langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Pertama, pindahkan korban ke tempat yang sejuk dan melonggarkan pakaian orang tersebut jika terlalu ketat.

"Berikan minuman dingin (bukan alkohol atau minuman berkafein) jika orang tersebut sadar dan mampu minum. Panggil bantuan medis segera," kata Sukamto yang praktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement