Senin 29 Jan 2024 16:24 WIB

Baru Mulai Ngegym, Hindari 10 Kesalahan Klasik Ini

Banyak pemula yang melakukan kesalahan klasik saat ngegym.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga di gym (ilustrasi). Menghabiskan seluruh sesi dengan satu peralatan seperti treadmill bisa membatasi latihan dan membuat bosan.
Foto: Pixnio
Olahraga di gym (ilustrasi). Menghabiskan seluruh sesi dengan satu peralatan seperti treadmill bisa membatasi latihan dan membuat bosan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Januari menjadi bulan yang penuh semangat di gym, tetapi banyak anggota baru membuat kesalahan klasik yang meningkatkan risiko cedera. Personal trainer di David Lloyd Clubs di Inggris, Jack Claxton, mengidentifikasi 10 kesalahan terbesar yang perlu dihindari pemula.

"Orang-orang penuh energi dan motivasi di tahun baru, jadi suasananya luar biasa, tapi sayangnya, banyak anggota baru yang muncul pada Januari dengan tekad yang kuat untuk mencapai hasil, sehingga mereka membuat semua kesalahan klasik yang membahayakan tujuan jangka panjang," kata Claxton, dilansir The Sun, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

1. Terlalu Berat, Terlalu Cepat

Anggota baru cenderung mengambil beban yang terlalu berat. Itu justru meningkatkan risiko cedera dan membuat latihan terasa sulit.

2. Tanpa Pemanasan

Melewatkan pemanasan dapat mengakibatkan cedera karena tubuh belum siap. Sedikit aktivitas pemanasan dapat membuat latihan lebih efektif.

3. Meniru

Meniru orang lain bisa buruk jika mereka berada pada tahap kebugaran yang berbeda. Fokus pada program latihan Anda sendiri.

4. Tidak Cukup Istirahat

Beristirahat di antara latihan penting untuk pemulihan otot. Menjalankan rencana terlalu cepat dapat mengurangi efektivitas latihan.

5. Menggunakan Satu Peralatan Saja

Menghabiskan seluruh sesi dengan satu peralatan seperti treadmill bisa membatasi latihan dan membuat bosan.

6. Tidak Cukup Minum

Penting untuk tetap terhidrasi selama latihan. Jangan lupa membawa botol air Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement