Kamis 25 Jan 2024 12:17 WIB

Postingan Artis K-Pop dari 4 Agensi Besar yang Diduga Promosikan Produk Pro Israel

Fans K-pop menyerukan boikot terhadap 4 agensi besar untuk mendukung Palestina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Idol K-pop yang diduga mempromosikan produk pro Israel. Artis-artis dari 4 agensi hiburan Korea mengunggah foto yang diduga mempromosikan produk pri Israel.
Foto: Dok. Instagram/berbagai sumber
Idol K-pop yang diduga mempromosikan produk pro Israel. Artis-artis dari 4 agensi hiburan Korea mengunggah foto yang diduga mempromosikan produk pri Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina di tengah serangan Israel, para penggemar K-Pop ramai-ramai memopulerkan tagar Strike Against The 4 di media sosial. Aksi boikot itu ditujukan bagi empat agensi hiburan besar di Korea Selatan.

Perusahaan yang dimaksud yakni SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan Hybe. Mereka dituding membuat para idola yang mereka naungi harus mempromosikan atau berkolaborasi dengan produk dari jenama yang mendukung Israel.

Baca Juga

Wujud boikot dari penggemar adalah berhenti melakukan streaming lagu, membeli album, dan merchandise dari label tersebut selama 23-28 Januari 2024. Tujuannya, menurunkan pendapatan perusahaan dan membuat perusahaan sadar atas tindakannya.

Sebelum ini, sejumlah idola memang membuat unggahan yang mempromosikan makanan atau minuman dari jenama yang diduga pro Israel. Berikut daftar idola yang pernah membuat unggahan serupa maupun menunjukkan dukungan lain terhadap zionis:

1. SM Entertainment

Dari label SM Entertainment, terdapat sejumlah artis K-pop yang diduga mempromosikan produk yang terafiliasi dengan Israel. Choi Siwon, member Super Junior, mengunggah foto di feed media sosial Instagramnya sambil membawa minuman Starbucks.

Begitu juga pra member girl group Aespa yang memamerkan gelas minuman Starbucks dalam salah satu penampilan publik. Penggemar menyebutnya promosi terselubung. Sebab, biasanya manajemen sangat ketat dan melepaskan label, bahkan dari botol air kemasan.

Sementara, Chanyeol EXO turut disorot karena pamer minum Starbucks di media sosialnya. Doyoung dari grup NCT juga menyita perhatian sebab membuat unggahan feed Instagram pada Natal 2023 yang menampilkan boneka salju bernuansa McDonald's. 

2. YG Entertainment

Jisoo dan Jennie dari girl group Blackpink mengunggah foto membawa segelas minuman Starbucks lewat fitur Instagram Story. Ada juga Junhoe, personel boyband iKON yang mengaku tertarik mengunjungi Israel di salah satu video lamanya. Mereka semua terkait dengan label YG Entertainment.

3. JYP Entertainment

Jo Kwon, leader grup K-Pop 2AM yang ada di bawah naungan label rekaman JYP Entertainment, diduga pro Israel karena aktivitas media sosialnya. Para penggemar mendapati Jo Kwon menyukai postingan musisi Madonna yang menyuarakan dukungan terhadap Israel.  

4. Hybe

Samara Siqueira, finalis kompetisi bakat "The Debut: Dream Academy" besutan Hybe dan Geffen Records, dikecam warganet terkait isu pro Israel. Sebab, Samara menyukai sebuah video TikTok yang menarasikan bahwa umat Islam adalah umat yang berbahaya.

NewJeans, girl group yang dibentuk oleh ADOR, anak perusahaan Hybe, juga menuai kritik. Khususnya, untuk iklan terbaru mereka yang berkolaborasi dengan Coca-Cola yang diduga pro Israel. NewJeans juga merupakan brand ambassador Coca-Cola dan tahun lalu merilis lagu bersama brand itu, berjudul "Zero".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement