Rabu 24 Jan 2024 23:15 WIB

Teknik Grounding Bantu Redakan Stres dan Cemas, Seperti Apa Caranya?

Teknik grounding membuat pelakunya lebih mudah atasi stres dan kecemasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan stres (Ilustrasi). Lakukan teknik grounding untuk mengatasi stres dan kecemasan.
Foto:

Teknik dasar grounding lainnya adalah melakukan latihan meditasi. Meditasi telah terbukti mengurangi stres, membuat seseorang lebih tenang, meningkatkan kebahagiaan, bahkan mengurangi gejala gangguan stres pascatrauma.

Banyak profesional klinis juga menggunakan latihan pernapasan untuk membantu pasien hadir pada momen saat ini. Berfokus pada pernapasan adalah alat yang hebat untuk mengurangi stres dan kecemasan, juga membantu melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Lakukan sebelum tidur, saat terjaga di pagi hari, atau sebelum rapat penting.

Pertama, carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk duduk atau berbaring. Tarik napas perlahan melalui hidung, dan perhatikan bagaimana dada dan perut mengembang saat mengisi paru-paru. Lalu, embuskan napas perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali hingga pikiran mulai tenang.

Secara umum, teknik grounding adalah strategi yang dapat menghubungkan kembali diri dengan masa kini. Itu juga dapat membantu mengatasi perasaan cemas, pikiran atau ingatan yang tidak diinginkan, kilas balik, emosi yang menyusahkan, atau disosiasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement