Selasa 23 Jan 2024 17:02 WIB

Tayang Mulai Besok, Alienoid 2 Suguhkan Aksi Bak Film Marvel dengan Rasa Drama Korea

Alienoid 2 menarik berkat tingkah konyol dari karakter-karakternya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Poster film Alienoid 2. Film ini tayang mulai Rabu, 24 Januari 2024.
Foto: Dok CBI Pictures
Poster film Alienoid 2. Film ini tayang mulai Rabu, 24 Januari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski mendapat kritik cukup pedas untuk Alienoid pertama, sutradara Choi Dong Hoon tetap membuat sekuelnya. Kembali dengan genre fiksi ilmiah yang menggabungkan cerita rakyat Korea, penonton akan disuguhkan aksi bak superhero Marvel, namun dengan selipan sentuhan khas drama Korea.

 

Baca Juga

Alienoid: Return to The Future menceritakan kisah guru mirip penyihir alias "dosa" dalam bahasa Korea. Interaksi sosok dari akhir Kerajaan Goryeo itu dengan alien, robot, dan manusia yang hidup pada 2022 menjadi perekat cerita.

Diawali dengan ringkasan singkat Alienoid pertama, pemirsa yang belum menonton kisah awal pun akan mendapatkan gambaran plotnya. Alienoid 2 juga menceritakan beberapa karakter yang hidup di berbagai waktu, sehingga latarnya pun disajikan bolak-balik untuk merangkai cerita karakter dan pandangan dunia secara keseluruhan.

Jika yang pertama dikritik karena durasinya mencapai 142 menit dan dianggap terlalu lama, yang kedua durasinya 122 menit. Lee Ahn (Kim Tae-ri) secara tidak sengaja jatuh ke dalam kerangka waktu Kerajaan Goryeo, dan yang perlu dia lakukan untuk kembali ke tahun 2022 hanyalah menemukan "Belati Ilahi".

Kebetulan, belati itu juga dicari oleh beberapa orang lainnya, seperti Muruk (Ryu Joon-yeol), alien, guru Goryeo, dan pria bertopeng Ja-jang (Kim Eui-sung) yang bermandikan kekuatan gelap. Masing-masing memiliki kepentingan berbeda.

Pandangan dunia Choi yang penuh teka-teki dalam Alienoid menjadi sedikit lebih jelas di bagian kedua ini, dengan perubahan signifikan yang terungkap melalui hubungan Lee Ahn dan Muruk. Meskipun demikian, penonton pasti masih bertanya-tanya dengan kehidupan karakter-karakter baru yang begitu banyak dan dalam rentang waktu yang berbeda.

Karakter seperti pejabat publik Min Gae-in (Lee Ha-nee) dan Neung-pa (Jin Seon-kyu) masuk sangat singkat tanpa penjelasan mendetail. Namun, kedua karakter ini memiliki peran kunci dalam akhir cerita Alienoid: Return to The Future.

Film aksi kriminal terkenal Choi, The Thieves (2012), juga populer karena kumpulan karakternya yang menampilkan 10 protagonis dalam satu plot. Namun, delapan karakter dalam Alienoid 2 sepertinya hanya dibutuhkan untuk adegan akhir yang megah, ketika mereka semua berkumpul dengan segala jenis senjata di tangan untuk menghadapi alien jahat yang ingin menghancurkan Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement