Jumat 19 Jan 2024 11:25 WIB

Trailer Dirilis, Pemandi Jenazah tak Hanya Tawarkan Tontonan Mencekam

Pemandi Jenazah akan tayang pada Februari 2024.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Peluncuran trailer Pemandi Jenazah di Epicentrum XXI, Jakarta, pada Kamis (18/1/2024).
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Peluncuran trailer Pemandi Jenazah di Epicentrum XXI, Jakarta, pada Kamis (18/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Trailer film Pemandi Jenazah berhasil memukau banyak penonton dengan beragam adegan yang mencekam. Namun, tak hanya menghadirkan kengerian, film ini juga akan menyoroti sisi humanis pemandi jenazah dan membawa pesan yang mendalam mengenai kematian.

Trailer berdurasi sekitar satu menit tersebut dirilis secara perdana pada Kamis (18/1/2024), di Epicentrum XXI, Jakarta. Saat trailer diputar untuk pertama kalinya, banyak penonton yang berteriak ketakutan.

Baca Juga

Namun, di saat yang sama, trailer tersebut juga berhasil menggelitik rasa penasaran para penonton. Oleh karena itu, tak sedikit pula penonton yang meminta agar trailer tersebut diputar hingga dua kali.

Film dengan trailer yang membuat bulu kuduk berdiri ini merupakan hasil kolaborasi antara sutradara Hadrah Daeng Ratu dan penulis skenario Lele Laila. Keduanya merupakan sosok yang telah berhasil menciptakan banyak film horor berkualitas di industri perfilman Indonesia.

Meski menawarkan tontonan yang mencekam, Pemandi Jenazah bukanlah sekadar film horor biasa. Film ini akan menyentuh sisi humanis pemandi jenazah yang harus bersinggungan dengan kepiluan hingga kehilangan dari keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu, Pemandi Jenazah juga merupakan film horor pertama di Indonesia yang menjadikan profesi pemandi jenazah sebagai fokus utamanya. Ide ini dicetuskan langsung oleh Produser Visual Media Studio (VMS Studio), Tony Ramesh, berdasarkan pengalaman pribadinya saat melayat ke rumah seorang teman dan melihat petugas pemandi jenazah.

"Saya berpikir kenapa tidak ada orang yang mengangkat cerita pemandi jenazah. Ini adalah pekerjaan yang sangat sakral, sangat mulia, dan (pemandi jenazah) adalah salah satu sosok yang melihat seseorang di dalam kematiannya (untuk terakhir kalinya)," ujar Tony.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hadrah selaku sutradara. Menurut Hadrah, pemandi jenazah merupakan sosok yang sangat penting bagi manusia yang akan menghadap Tuhan. Alasannya, pemandi jenazah lah yang akan membersihkan tubuh hingga mempersiapkan manusia tersebut di masa-masa terakhir mereka.

"Di film-film horor lain, memandikan jenazah mungkin hanya muncul 1-2 scene, di (film) ini, inti cerita dari awal hingga akhir menunjukkan bagaimana pemandi jenazah menghadapi jenazah yang berbeda-beda. Dalam Islam, kita tahu ada husnul khatimah dan su'ul khatimah," ujar Hadrah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement