Jumat 19 Jan 2024 09:41 WIB

Ini Lima Manusia Paling Tajir di Muka Bumi

Diperkirakan dunia akan melihat triliuner pertama dalam satu dekade ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi mandi uang. Berikut daftar orang terkaya di dunia pekan ini.
Foto: Freepik
Ilustrasi mandi uang. Berikut daftar orang terkaya di dunia pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Diperkirakan dunia akan melihat triliuner pertama (dalam dolar AS) dalam satu dekade ke depan. Berikut lima orang terkaya di dunia.

Dalam laporan kesenjangan kekayaan yang dirilis pekan ini, lembaga kemanusiaan Oxfam International mengatakan triliuner pertama dalam dolar AS mungkin akan muncul dalam satu dekade ke depan. Sementara organisasi anti-kemiskinan itu mengatakan kesenjangan kekayaan meroket selama pandemi Covid-19.

Baca Juga

Dalam temuannya Oxfam menyoroti kekayaan pribadi lima orang terkaya di dunia CEO Tesla Elon Musk, pemilik group perusahaan barang mewah LVMH Bernard Arnault, pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Oracle Larry Ellison dan pakar investasi Warren Buffett naik dua kali lipat sejak 2020.

Untuk mengukur lonjakan kekayaan ini, Oxfam mengambil kekayaan bersih dari daftar orang-orang terkaya versi Forbes pada Maret 2020 dan akhir November 2023. 

Daftar tersebut berfluktuasi dari waktu ke waktu dan bahkan dalam hitungan jam jadi meskipun Buffett, misalnya, adalah orang terkaya ke-5 di bulan November, ia berada di posisi ke-7 berdasarkan peringkat Forbes pada hari Rabu.

Oxfam menyesuaikan waktu rilis laporannya dengan pertemuan para elit politik dan bisnis di Davos, Swiss, tempat Forum Ekonomi Dunia bertemu setiap tahun. Sejumlah miliarder dan multijutawan juga menulis surat yang meminta para pemimpin dunia untuk mengenakan pajak secara adil kepada orang-orang super kaya seperti mereka.

Musk, Arnault, Bezos, Ellison, dan Buffett tidak termasuk di antara para penandatangan surat tersebut - meskipun Buffett terkenal sering mengkritik tarif pajak yang lebih rendah bagi orang kaya dan sebelumnya menganjurkan perubahan kebijakan dengan nada yang sama.

Berikut daftar lima orang terkaya pekan ini....

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement