Jumat 19 Jan 2024 11:53 WIB

Panduan Wisata Terpopuler di Yogyakarta yang Harus Dikunjungi

Yogyakarta kaya akan budaya dan sejarah, menawarkan destinasi wisata menarik.

Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pegunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda sedang merencanakan liburan ke Yogyakarta? Kota yang kaya akan budaya dan sejarah ini menawarkan berbagai destinasi menarik yang wajib dikunjungi. Dari candi-candi bersejarah hingga pemandangan alam yang memukau, Jogja selalu memiliki sesuatu yang istimewa untuk setiap pengunjungnya. Untuk memudahkan Anda menjelajahi berbagai wisata di Jogja, berikut kami telah merangkum beberapa wisata populer di Jogja.

Selain itu, guna memastikan kenyamanan selama menginap, jangan lupa untuk memilih hotel di Jogja yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan Traveloka Anda juga dapat menemukan berbagai hotel di Jogja dengan fasilitas dan penawaran terbaik. Bahkan di Traveloka, Anda juga dapat menemukan hotel-hotel dekat tempat wisata, seperti hotel dekat Malioboro dan lain sekitarnya. Untuk itu, jangan ragu menggunakan layanan Traveloka untuk mencari hotel dengan penawaran terbaik.

Wisata Populer di Jogja

Berikut beberapa wisata populer di Jogja yang telah kami rangkum untuk Anda:

1. Candi Prambanan

photo
Candi Prambanan - (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Candi Prambanan, yang terletak di Yogyakarta, Indonesia, merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Dibangun pada abad ke-9, candi ini merupakan perwujudan arsitektur Hindu yang mengagumkan dengan puncaknya yang menjulang tinggi dan hiasan relief yang rumit. Kompleks candi ini didedikasikan untuk Trimurti, yaitu tiga dewa utama dalam agama Hindu: Brahma sebagai pencipta, Vishnu sebagai pemelihara, dan Shiva sebagai penghancur.

Keunikan Candi Prambanan tidak hanya terletak pada arsitekturnya yang megah, tapi juga pada kisah-kisah mitologi Hindu yang terukir dalam bentuk relief pada dinding candi. Pengunjung dapat menikmati kisah Ramayana yang dipahat dengan detail, memberikan wawasan mendalam tentang budaya dan sejarah Hindu di Indonesia. Candi ini tidak hanya menjadi situs wisata yang populer tetapi juga tempat penting bagi penelitian sejarah dan arkeologi, menarik para wisatawan dan akademisi dari seluruh dunia.

2. Tugu Jogja

photo
Cahaya lampu menyinari Tugu Jogja saat Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2023 di Tugu Pal Putih, Yogyakarta. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Tugu Jogja, yang sering disebut sebagai "Tugu Pal Putih," merupakan salah satu landmark ikonik dan bersejarah di Yogyakarta. Terletak di pusat kota, Tugu ini merupakan simbol yang menggambarkan semangat dan jiwa masyarakat Yogyakarta. Dibangun kembali setelah runtuh akibat gempa bumi pada abad ke-19, Tugu Jogja kini berdiri sebagai monumen yang mewakili kekuatan dan ketahanan warga kota.

Di malam hari, Tugu Jogja menjadi titik pertemuan yang populer bagi warga lokal maupun wisatawan. Lampu-lampu yang menyala di sekitar tugu menciptakan suasana yang hangat dan menyambut, menjadikannya lokasi yang sempurna untuk berjalan-jalan santai atau menikmati momen kebersamaan. Selain itu, lokasinya yang strategis dekat dengan Malioboro dan keraton menjadikannya titik awal yang ideal untuk menjelajahi kekayaan budaya dan sejarah Yogyakarta.

3. Malioboro

photo
Wisatawan menggunakan pakaian tradisional adat Jawa untuk sesi foto di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Malioboro merupakan salah satu jalan paling terkenal dan bersejarah di Yogyakarta, yang menjadi pusat kegiatan perdagangan dan budaya kota. Jalan ini penuh dengan berbagai toko, kafe, dan penjual kaki lima yang menawarkan beragam barang mulai dari cinderamata tradisional hingga makanan lokal. Di sini, pengunjung dapat menikmati pengalaman berbelanja yang unik sambil merasakan kehidupan lokal, dengan latar belakang arsitektur kolonial dan nuansa khas Yogyakarta.

Di malam hari, Malioboro bertransformasi menjadi area pejalan kaki yang ramai dengan aktivitas. Penjual makanan kaki lima bermunculan, menawarkan berbagai kuliner lokal seperti gudeg dan angkringan, sebuah pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Selain itu, pengunjung juga sering dipersembahkan dengan pertunjukan seni jalanan yang menambah kekayaan budaya dan hiburan di jalan ini.

4. Obelix Hills

photo
Objek wisata Obelix Hills di Yogyakarta. - (Antara)

Obelix Hills, terletak di Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan pengalaman alam yang unik dengan pemandangan menakjubkan. Tempat ini populer karena keindahan alamnya yang luar biasa, dimana pengunjung dapat menikmati panorama perbukitan dan vegetasi hijau yang luas. Selain itu, Obelix Hills juga menawarkan berbagai spot foto yang sangat instagrammable, menjadikannya destinasi favorit bagi para pencinta fotografi dan para pengguna media sosial.

Fasilitas di Obelix Hills dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman pengunjung, termasuk area santai yang nyaman dan restoran dengan pemandangan yang luar biasa. Pengunjung dapat menikmati makanan lezat sambil memandangi pemandangan alam yang indah, membuat pengalaman bersantap menjadi lebih istimewa. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, menambahkan sentuhan romantis pada keindahan alam yang sudah ada.

5. HEHA Sky View

photo
HEHA Sky View merupakan destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta. - (Tangkapan layar Instagram)

HEHA Sky View merupakan destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta, menawarkan pemandangan kota dan alam sekitarnya dari ketinggian. Terletak di area Patuk, Gunungkidul, tempat ini menjadi populer berkat konsep desain modern dan spot-spot fotonya yang unik dan menarik. Pengunjung dapat menikmati panorama kota Yogyakarta dan bukit-bukit yang mengelilinginya dari berbagai sudut pandang, termasuk dari dek observasi dan spot foto yang berada di ketinggian.

HEHA Sky View juga menawarkan berbagai fasilitas hiburan dan santapan, menjadikannya tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Restoran dan kafe di lokasi ini menyajikan berbagai pilihan makanan dan minuman, yang dapat dinikmati sambil memandang pemandangan yang indah. Selain itu, kehadiran musik live dan berbagai acara yang sering diadakan di HEHA Sky View menambah kemeriahan dan keseruan pengalaman berkunjung ke tempat ini.

Kunjungan Anda ke Jogja akan menjadi lebih sempurna dengan perencanaan yang matang. Untuk itu, manfaatkan layanan Traveloka yang menawarkan kemudahan dalam memilih akomodasi. Di Traveloka, Anda bisa menemukan kamar dengan opsi Free Cancellation, yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan refund sesuai syarat dan ketentuan, jika ada perubahan rencana.

Selain itu, Traveloka juga menyediakan opsi pembayaran fleksibel. Anda bisa melakukan pemesanan sekarang dan membayar nanti pada tanggal yang Anda tentukan. Ini adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin fleksibilitas dalam merencanakan perjalanan. Untuk itu, jangan ragu menggunakan layanan Traveloka sebagai partner perjalanan Anda.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement