Selasa 26 Dec 2023 07:10 WIB

Destinasi Wisata Domestik yang Jadi Favorit untuk Libur Akhir Tahun

Peningkatan minat konsumen hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (25/12/2023). Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (25/12/2023). Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat hendak merencanakan liburan, sejumlah kota atau tempat wisata tertentu bisa jadi segera muncul di benak. Nyatanya, memang ada beberapa destinasi wisata domestik yang kerap menjadi primadona di antara pelancong, terlebih untuk liburan akhir tahun.

Dikutip dari siaran pers yang diterbitkan Traveloka, ada sejumlah destinasi wisata domestik favorit yang masih menjadi pilihan konsumen untuk merencanakan liburan. Beberapa di antaranya adalah Bali, Medan, Pekanbaru, Padang, Surabaya, Ambon, Sorong, Kupang, dan Ternate. 

Baca Juga

Sementara, untuk destinasi internasional dengan minat tertinggi, antara lain Jepang, Singapura, Thailand, Malaysia, Hongkong, dan Korea Selatan. Untuk destinasi di luar Asia, Australia, Eropa, hingga Amerika Serikat merupakan favorit konsumen.

Traveloka mencatat peningkatan minat konsumen hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu, mendekati periode libur akhir tahun 2023. Minat berwisata masyarakat berpotensi terus tumbuh, terutama karena tingginya preferensi konsumen untuk memesan perjalanan dalam waktu singkat (last minute). 

CEO of Transport di Traveloka, Iko Putera, lonjakan itu memberikan sinyal positif bahwa minat berwisata konsumen terus meningkat, bahkan melampaui periode sebelum pandemi. Hal itu didukung oleh beberapa faktor, seperti infrastruktur memadai, ketersediaan produk dan layanan perjalanan sesuai kebutuhan konsumen, hingga dukungan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata.

"Demikian pula kolaborasi dengan para pelaku industri pariwisata sehingga menghasilkan program-program inovatif agar semakin memudahkan konsumen dalam melakukan perjalanan," ujar Iko. 

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk liburan akhir tahun, Traveloka menghadirkan program "Year End Sale" hingga 3 Januari 2024. Terdapat penawaran eksklusif dan diskon untuk berbagai produk akomodasi, transportasi, hingga atraksi wisata di berbagai destinasi domestik maupun internasional.

Iko menjelaskan, "Year End Sale" melibatkan kolaborasi dengan mitra-mitra di industri perjalanan. "Kami memahami keinginan konsumen akan pengalaman liburan akhir tahun yang istimewa, dan melalui program ini juga menghadirkan solusi bagi para konsumen dengan memberikan keuntungan lebih dalam memenuhi kebutuhan perjalanan di berbagai destinasi liburan impian," tuturnya.

"Year End Sale" Traveloka melibatkan lebih dari 5.000 mitra hotel domestik dan internasional, lebih dari 300 mitra Xperience domestik dan internasional, serta kemitraan eksklusif dengan enam lembaga perbankan terkemuka. Program juga didukung lima mitra penerbangan domestik, 15 mitra penerbangan internasional, serta 35 mitra transportasi darat seperti bus, travel, kereta api, antar-jemput bandara, hingga rental mobil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement