Kamis 11 Jan 2024 08:09 WIB

Bersiap, Jakarta akan Diguyur Hujan pada Kamis Malam

Seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Awan tebal yang menyelimuti pemukiman dan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (8/1/2024). BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Jakarta Selatan dan Timur.
Foto: antara
Awan tebal yang menyelimuti pemukiman dan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (8/1/2024). BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk di Jakarta Selatan dan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diguyur hujan, pada Kamis (11/1/2024) malam. BMKG melalui laman resminya yang dipantau di Jakarta, Kamis dini hari, memprakirakan seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Kamis malam.

BMKG pun mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi yang dapat terjadi di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel, Jaktim dan Kepulauan Seribu pada siang dan sore hari.

Baca Juga

Namun, pada pagi hari hingga siang hari wilayah Jakarta dan Kepulauan diperkirakan berawan.

Adapun suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga 32 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran 70-95 persen.

Suhu yang paling tinggi berada di wilayah Kepulauan Seribu dengan suhu berkisar 26-32 derajat Celcius dan kelembaban udara pada kisaran 85-95 persen.

Mayoritas kota-kota besar juga diguyur hujan. Sejumlah wilayah seperti Medan, Bengkulu, DKI Jakarta, Pontianak, Palangkaraya, Kupang, Gorontalo, Mamuju, dan Manokwari bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sementara hujan dengan intensitas sedang diprediksikan bakal turun di Tanjung Pinang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Kendari.

Sejumlah wilayah seperti Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado diprakirakan akan mengalami hujan dengan disertai petir.

Sementara cuaca berawan diprakirakan bakal menyelimuti sejumlah wilayah seperti Jambi, Ternate, dan Jayapura. Sedangkan awan yang lebih tebal diprakirakan bakal menyelimuti Pekanbaru dan Samarinda.

Adapun cuaca cerah berawan diprakirakan hanya akan terjadi di wilayah Banda Aceh, Denpasar, dan Ambon. Kemudian Tarakan diprakirakan menjadi satu-satunya kota besar di Indonesia yang diliputi cuaca cerah, dengan suhu udara berkisar 26-33 derajat celsius.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement