Senin 08 Jan 2024 18:07 WIB

Oppenheimer Raih Kemenangan Terbanyak di Golden Globe Awards 2024

Film Oppenheimer memenangkan 5 kategori penghargaan di Golden Globes 2024.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Oppenheimer meraih kemenangan terbanyak di Golden Globes 2024.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Oppenheimer meraih kemenangan terbanyak di Golden Globes 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Golden Globe Awards 2024 telah berlangsung di Beverly Hilton di Los Angeles, Amerika Serikat, pada Ahad (7/1/2024) waktu setempat. Ajang ini memberikan penghargaan kepada film, acara TV, dan pertunjukan terbaik yang tayang sepanjang 2023. 

Dikutip dari laman Entertainment Weekly, Senin (8/1/2024), film Oppenheimer karya Christopher Nolan mendominasi kemenangan di ajang penghargaan itu. Film memenangkan lima kategori, termasuk film terbaik genre drama, sutradara terbaik, aktor terbaik (untuk Cillian Murphy), aktor pendukung terbaik (Robert Downey Jr), dan score orisinal terbaik.

Baca Juga

Bintang film Killers of the Flower Moon, Lily Gladstone, memperoleh gelar aktris terbaik untuk film bergenre drama. Sementara, Emma Stone mendapat gelar aktris terbaik di genre film musikal/komedi berkat perannya di film Poor Things. Aktor Paul Giamatti dari film The Holdovers memenangkan kategori aktor terbaik di genre film musikal/komedi.

Film top lainnya yang menjadi sorotan di ajang ini adalah film blockbuster Barbie arahan sutradara Greta Gerwig. Barbie memenangkan kategori lagu tema orisinal terbaik, yakni "What Was I Made For?" yang dinyanyikan Billie Eilish dan dia ciptakan bersama sang kakak, Finneas O’Connell. Sinema Barbie juga mendapat penghargaan "cinematic and box office achievement". 

 

Penghargaan skenario terbaik didapat oleh Justine Triet dan Arthur Harari, dua penulis naskah film drama thriller Prancis, Anatomy of A Fall. Sinema itu juga menyabet penghargaan film non-berbahasa Inggris terbaik. Sementara, The Boy and The Heron memenangkan film animasi terbaik dan Poor Things memenangkan kategori film musikal/komedi terbaik.

Untuk acara televisi, serial drama "Successsion" dari HBO mendominasi kemenangan. Tayangan itu memenangkan penghargaan serial drama terbaik, aktor dan aktris serial genre drama terbaik (Kieran Culkin dan Sarah Snook), pemeran pendukung terbaik (Matthew Macfadyen). Dari total sembilan nominasi, serial "Succession" memenangkan empat piala.

Yang jadi sorotan berikutnya adalah "The Bear" yang jadi serial televisi terbaik genre musikal/komedi. Tayangan besutan FX/Hulu itu juga memenangkan kategori aktor/aktris terbaik (Jeremy Allen White/Ayo Edebiri). Ada tiga piala yang dimenangkan dari lima nominasi.

Golden Globe Awards 2024 mengalami evolusi dari sebelumnya. Kini, terdapat penerapan dua kategori kompetitif baru (satu untuk kesuksesan box office dan yang lainnya untuk acara stand-up TV spesial) serta pembubaran badan keanggotaan Hollywood Foreign Press Association (HFPA).

Perubahan ini diakibatkan kontroversi bertahun-tahun yang menyebabkan Golden Globe merestrukturisasi aturan, persyaratan keanggotaan, dan banyak lagi. Khususnya setelah kritikan oleh Los Angeles Times pada 2021 yang mengungkap tidak ada jurnalis kulit hitam di antara 87 anggota organisasi tersebut.  

Para selebritas dan agensi publisitas menjauhkan diri dari HFPA setelah kritik itu, dan mitra jaringan lama Globes, NBC, menarik siarannya pada tahun berikutnya. Ajang ini kembali ditayangkan di NBC pada 2023 meskipun kemudian dipindahkan ke CBS di tengah pembubaran HFPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement