Kamis 04 Jan 2024 15:20 WIB

Sudah tak Dilindungi Hak Cipta, Mickey Mouse Versi Lawas Dijadikan Film Horor

Film Mickey Mouse berjudul Steamboat Willie sudah tidak dilindungi hak cipta.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Karakter Mickey Mouse versi Steamboat Willie sudah tidak dilindungi hak cipta.
Foto: Dok Disney
Karakter Mickey Mouse versi Steamboat Willie sudah tidak dilindungi hak cipta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Mickey Mouse berjudul Steamboat Willie telah memasuki domain publik setelah masa perlindungan hak ciptanya kedaluwarsa per 1 Januari 2024. Artinya, film kartun lawas tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak lain tanpa perlu persetujuan dari pihak Walt Disney Company.

Tak lama setelah masa perlindungan hak cipta Steamboat Willie kedaluwarsa, dua sutradara mengembangkan karakter Mickey Mouse versi Steamboat Willie untuk membuat dua film horor berbeda.

Baca Juga

Salah satu film horor tersebut berjudul Mickey's Mouse Trap dan digarap oleh sutradara Jamie Bailey. Trailer dari film ini telah dirilis secara resmi pada 1 Januari 2024.

Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Alex yang harus bekerja shift malam di taman hiburan saat dia berulang tahun yang ke-21 tahun. Oleh karena itu, teman-teman Alex berencana untuk memberi kejutan dengan menyambangi Alex di tempat kerjanya.

"Namun, seorang pembunuh bertopeng dengan kostum Mickey Mouse memutuskan untuk melakukan sebuah permainan bersama mereka, di mana dia (Alex) harus selamat," ungkap deskripsi film Mickey's Mouse Trap, seperti dilansir Today pada Kamis (4/1/2024).

Film horor kedua yang juga terinspirasi dari Mickey Mouse versi Steamboat Willie belum memiliki judul, menurut Variety. Film ini akan digarap oleh sutradara Steven LaMorte dan proses produksinya baru akan dimulai pada musim semi mendatang. Variety melaporkan bahwa film ini akan berkisah mengenai tikus sadis yang menyiksa sekelompok penumpang kapal feri.

LaMorte sebelumnya juga pernah memproduksi film horor yang terinspirasi oleh buku anak-anak berjudul How the Grinch Stole Christmas karya Dr Seuss. Film berjudul The Mean One tersebut memiliki genre slasher dan sudah dirilis pada 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement