Sabtu 30 Dec 2023 00:09 WIB

3 Tanda Kondisi Tubuh Anda Sudah Semakin Dekat dengan Diabetes

Orang dengan pradiabetes berisiko diabetes dalam 5-10 tahun ke depan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi diabetes. Dokter mengatakan orang dengan diabetes tidak memiliki pantangan makan tetapi harus menyesuaikan makanan dengan kebutuhan.
Foto:

2. Kutil

Kemunculan kutil memang tak selalu berkaitan dengan resistensi insulin. Akan tetapi, kemunculan kutil lebih sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kondisi resistensi insulin. Oleh karena itu, kemunculan kutil pada kulit patut diwaspadai berkaitan dengan risiko diabetes.

photo
Cegah pradiabetes berkembang menjadi diabetes. - (Republika)

3. Infeksi Jamur (Ragi)

Seseorang yang sudah melangkah lebih dekat menuju diabetes juga dapat mengalami infeksi jamur atau (yeast infection) yang berulang. Infeksi ini bisa terjadi di area ketiak, selangkangan, hingga sela jari. Infeksi jamur bisa terjadi lebih sering karena kadar gula darah yang tinggi sangat mendukung pertumbuhan jamur (ragi).

Bila resistensi insulin sudah telanjur terjadi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Menurut National Institutes of Health, salah satu dari upaya tersebut adalah memperbaiki pola makan. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah meningkatkan aktivitas fisik atau rutin melakukan olahraga.

Perbaikan pola makan dan olahraga rutin bisa membantu terjadinya penurunan berat badan. Menurut sebuah studi yang didanai oleh National Institutes of Health, penurunan berat badan sebesar 2,27-3,2 kg dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes pada orang-orang yang berisiko tinggi untuk terkena penyakit tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement