Jumat 29 Dec 2023 06:22 WIB

Jangan Sampai Loyo Saat Liburan, Begini Cara Jaga Fisik Tetap Fit

Saat liburan, rutinitas biasanya berubah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah warga bersepeda saat berwisata di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Kawasan Kota Tua yang menampilkan bangunan tua peninggalan VOC abad ke-17 tersebut menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Jabodetabek maupun luar daerah untuk menghabiskan hari libur
Foto:

4. Jangan memaksakan diri

Tidak perlu memiliki target muluk-muluk untuk berlibur ke tempat hits atau pergi ke banyak destinasi wisata sekaligus saat liburan. Memaksakan diri hanya akan membuat stres, padahal tujuan liburan adalah bersantai dan rehat sejenak dari rutinitas harian.

5. Jaga kualitas tidur

Mempertahankan waktu tidur selama liburan tetap penting, sehingga tidak disarankan untuk banyak begadang. Menurut National Institutes of Health, tidur berkualitas dapat meningkatkan kinerja otak, suasana hati, dan kesehatan secara keseluruhan.  

Miliki jadwal tidur yang konsisten meski sedang masa liburan. Pastikan lingkungan tidur berkualitas dengan gangguan minimal tanpa kebisingan dan cahaya. Hindari kafein dan nikotin di sore dan malam hari, serta hindari screen time sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement